alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Minggu, 26 Juni 2022
home masjid detail berita

Dzikir Hasbunallah Wani'mal Wakil: Asbabun Nuzul dan Maknanya

Suandri Ansah Rabu, 16 Februari 2022 - 09:36 WIB
Dzikir Hasbunallah Wani'mal Wakil: Asbabun Nuzul dan Maknanya
Ilustrasi. Foto: Langit7.id/iStock.
LANGIT7.ID, Jakarta - Hasbunallah Wani'mal wakil merupakan dzikir yang mengandung banyak keutamaan. Dzikir ini menggambarkan kepasarahan seorang hamba kepada Allah dan menguatkan keyakinan bahwa hanya Allah-lah satu-satunya tempat bersandar.

Bacaan dzikir Hasbunallah Wani'mal wakil arab, latin dan artinya:

حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Latin: Hasbunallah wani'mal wakiil.

Baca Juga: Hasbunallah wa Ni’mal Wakiil, Dzikir Saat Tertimpa Kesedihan dan Kecemasan

Arti: Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.

Dalam Al-Qur'an, dzikir Hasbunallah wani'mal wakil dilantunkan umat Islam saat menghadapi ancaman kaum kafir Quraisy Mekkah dalam perang Uhud. Sebagaimana tertuang dalam Surat Ali Imran ayat 173:

اَلَّذِيْنَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ اِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوْا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ اِيْمَانًاۖ وَّقَالُوْا حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Terjemah: (Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang-orang mengatakan kepadanya, “Orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,” ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.”

Baca Juga: Pangdam Hasanuddin: Puasa Senin Kamis Kunci Kemenangan Prajurit

Dilansir Kementerian Agama, turunnya ayat ini berhubungan dengan Abu Sufyan panglima perang kaum musyrikin Mekah dan tentaranya, yang sudah kembali dari Perang Uhud. Mereka setelah sampai di suatu tempat bernama Ruha, mereka menyesal dan bermaksud akan kembali lagi untuk melanjutkan perang.

Berita ini sampai kepada Rasulullah, maka beliau memanggil kembali pasukan Muslimin untuk menghadapi Abu Sufyan dan tentaranya. Kata Rasulullah Saw, "Jangan ada yang ikut perang hari ini kecuali mereka yang telah ikut kemarin, sedang tentara Islam pada waktu itu telah banyak yang luka-luka.

Tapi akhirnya Allah menurunkan rasa takut pada hati kaum musyrikin dan selanjutnya mereka pulang kembali. Para mujahidin ditakut-takuti oleh sebagian musuh (munafik), dengan menyatakan bahwa musuh telah menghimpun kekuatan baru guna menghadapi mereka.

Baca Juga: Nabi Ibrahim Lantunkan Hasbunallah wa Ni’mal Wakil Ketika Dibakar Penguasa Zalim

Tetapi para mujahidin tidak merasa gentar karena berita itu, bahkan bertambah imannya dan bertambah tinggi semangatnya untuk menghadapi musuh Allah itu dengan ucapan, "Allah tetap akan melindungi kami dan kepada Allah kami bertawakal."

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Minggu 26 Juni 2022
Imsak
04:31
Shubuh
04:41
Dhuhur
11:59
Ashar
15:20
Maghrib
17:52
Isya
19:06
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:23 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
اَلَمْ تَرَ اِلَى الَّذِيْنَ اُوْتُوْا نَصِيْبًا مِّنَ الْكِتٰبِ يُدْعَوْنَ اِلٰى كِتٰبِ اللّٰهِ لِيَحْكُمَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ يَتَوَلّٰى فَرِيْقٌ مِّنْهُمْ وَهُمْ مُّعْرِضُوْنَ
Tidakkah engkau memperhatikan orang-orang yang telah diberi bagian Kitab (Taurat)? Mereka diajak (berpegang) pada Kitab Allah untuk memutuskan (perkara) di antara mereka. Kemudian sebagian dari mereka berpaling seraya menolak (kebenaran).
QS. Ali 'Imran:23 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan