Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 April 2024
home global news detail berita

Menikmati Surga Buku di Islamic Book Fair 2022

Muhajirin Rabu, 03 Agustus 2022 - 19:30 WIB
Menikmati Surga Buku di Islamic Book Fair 2022
Islamic Book Fair 2022 di hari pertama, Rabu (3/8/2022) sudah ramai dikunjungi pengunjung (foto: LANGIT7.ID/Muhajirin)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Pameran terbesar buku-buku Islami di Tanah Air, Islamic Book Fair (IBF) 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan resmi dibuka hari ini, Rabu (3/8/2022). Masyarakat sangat antusias menyambut ajang tahunan yang sudah digelar sejak 2002 lalu.

IBF ibarat sebuah oase bagi dunia perbukuan. Tidak hanya bagi penikmat buku di Tanah Air, tapi juga penerbit, perusahaan percetakan, serta seluruh stakeholders dunia perbukuan. Ajang yang sudah digelar 20 kali ini berhasil menyedot banyak pengunjung. Tak hanya pengunjung yang berasal dari Jakarta, tapi banyak juga yang datang dari luar daerah.

"IBF itu jadi acara yang selalu saya tunggu setiap tahun. Selain bisa mendapatkan buku relatif murah, di sini juga banyak koleksi buku, mulai dari novel, buku agama, sejarah, sampai komik," tutur Hafiz, salah satu pengunjung asal Sulawesi Selatan kepada LANGIT7.ID, Rabu (3/8/2022).

Baca Juga: Islamic Book Fair Jaga Nyala Perbukuan dan Literasi Islam Pascapandemi

Serupa disampaikan Muhammad Ihsan, pemuda asal Jawa Barat. Dia sudah berada di lokasi IBF sejak pagi. Dia sengaja datang awal untuk menikmati pameran buku Islami terbesar di Tanah Air itu.

"Ini seperti surga bagi penikmat buku. Saya rela menabung sekadar membeli buku-buku di sini," katanya.

Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) DKI Jakarta, Hikmat Kurnia, mengatakan, IBF 2022 menyediakan 138 stand Dari jumlah itu, 113 stan buku dan 15 multi produk. "Penerbit yang turut hadir 49 penerbit dan puluhan imprintnya," kata Hikmat kepada LANGIT7.ID.

Sekretaris Panitia Islamic Book Fair (IBF) Husni Kamil menjelaskan, dalam IBF tahun ini ada 10.000 judul buku yg dipamerkan, dengan jumlah buku mencapai 1 juta eksemplar. “Insya Allah, pameran IBF 2022 ini berjalan lancar,” ujarnya.

Baca Juga: Islamic Book Fair ke-20, Ajang Pameran Buku Islami Terbesar di Indonesia

Para pengunjung juga tak perlu takut jika perut kelaparan. Banyak pelaku UMKM yang menyediakan berbagai macam kuliner. Mushola dan tempat wudhu juga sangat layak. Pengunjung tak perlu antri panjang untuk melaksanakan kewajiban lima waktu.

Dalam acara ini, sejumlah tokoh direncanakan menghadiri hajatan pameran terbesar buku-buku Islam itu. Di antaranya Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Begitu juga dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur DKI Jakarta, A. Riza Patria, Imam Besar Masjid Istiqlal Prof KH Nasaruddin Umar, Penasihat IBF Prf Didin Hafidhuddin, KH Tubagus Dailami Dahlan, Dr Adian Husaini, mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Prof Quraish Shihab, Dr Muhammad Zainul Majdi, dan sejumlah tokoh lainnya.

Baca Juga: Nostalgia Film Lorong Waktu di Masjid Raya Baitussalam

Bahkan, ada tokoh pembicara dari luar negeri seperti dar Mesir dan India. Di antaranya Dr Nashir Ayad dari Mesir, Lycpriya Kangujam seorang aktivis cilik dari India, dan Syekh Ishom Yusuf dari Mesir.

Di area pameran, sejumlah stand buku sudah tertata rapi. Area yang cukup luas membuat pengunjung bisa leluasa memilih buku maupun produk lain yang dijajakan di pameran ini. IBF 2022 digelar hingga akhir pekan hari Ahad (7/8/2022).

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:55
Ashar
15:14
Maghrib
17:53
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
TOPIK TERPOPULER
4 uea
5 lansia
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan