Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 20 Juni 2024
home global news detail berita

UAS Bantah Mitos Tabrak Kucing Harus Dikubur dengan Kaos Putih

mahmuda attar hussein Jum'at, 16 September 2022 - 08:55 WIB
UAS Bantah Mitos Tabrak Kucing Harus Dikubur dengan Kaos Putih
Ilustrasi hukum menabrak kucing hingga mati. (Foto: Istimewa).
LANGIT7.ID, Jakarta - Ustadz Abdul Somad (UAS) membantah mitos yang beredar di lingkungan masyarakat bahwa pengendara yang menabrak kucing harus menguburnya dengan kaos putih.

Menurut dia, tak ada tuntunan yang mengharuskan seseorang untuk menguburkan kucing dengan kaos putih miliknya.

"Tidak perlu, kucing yang tertabrak sudah qodarullah. Terlebih kita tak berniat dan tak ada maksud untuk membunuh makhluk ciptaan Allah," kata dia dalam penggalan kajiannya, Jumat (16/9/2022).

Dia mengingatkan, kaum muslimin tidak merasa bersalah pada perbuatan yang tidak salah. Sebab di situ ada peluang bagi setan untuk melakukan tipu daya.

Baca Juga: Siksa Kucing Undang Murka Allah, Sayangi Kucing Dapat RahmatNya

"Jadi jangan ketika menabrak kucing sampai harus tiba-tiba membuka kaos untuk menguburnya, singkirkan bangkai itu karena sudah qodarullah," ujar dia.

Dalam kesempatan terpisah, Buya Yahya menambahkan, kebanyakan orang sekarang justru terbalik. Di mana ketika mereka menabrak orang justru lari dari tanggung jawab, sementara menabrak kucing mereka terburu-buru untuk mengafaninya.

"Kucing adalah binatang seperti pada umumnya. Tapi kalau kita berbuat zalim bisa jadi penyebab masuk neraka," katanya.

Artinya, ketika seseorang menabrak kucing dengan niatan zalim maka dia akan masuk neraka. Namun bila terjadi insiden tabrak kucing yang tak sengaja maka tidak menjadi masalah.

"Tidak apa bila memang keadaanya membahayakan nyawa manusia. Apalagi bila harus menghindari kucing malah mencelakai jiwa manusia, seperti penumpang di dalam mobil," ujarnya.

Pengasuh LPD dan Pondok Pesantren Al-Bahjah ini menjelaskan, mengubur kucing yang tertabrak tidak perlu menggunakan kaos putih apalagi harus menggunakan pakaian termahal.

"Cukup dikuburkan begitu saja agar bangkainya tidak mengganggu orang lain. Daripada menggunakan pakaian termahal untuk mengafaninya, lebih baik pakaian itu disedekahkan," ungkapnya.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 20 Juni 2024
Imsak
04:30
Shubuh
04:40
Dhuhur
11:58
Ashar
15:19
Maghrib
17:51
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan