Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 25 Februari 2024
home wirausaha syariah detail berita

Lembaga Zakat Berperan Hadapi Resesi, Ini Kata Rektor Tazkia

mahmuda attar hussein Kamis, 13 Oktober 2022 - 18:30 WIB
Lembaga Zakat Berperan Hadapi Resesi, Ini Kata Rektor Tazkia
Ilustrasi pembagian zakat. (Foto: Istimewa).
LANGIT7.ID, Jakarta - Rektor Institut Tazkia Bogor, Murniati Mukhlisin menilai, lembaga zakat memiliki peranan menghadapi resesi 2023. Caranya mengubah fokus penyaluran bantuan.

"Mereka tidak boleh punya fokus yang sama, tapi harus punya fokus berbeda. Misalnya Baznas untuk membuka lapangan pekerjaan, Dompet Dhuafa untuk bantuan cepat tanggap, Rumah Zakat untuk sembako, dan DT Peduli untuk pendidikan," tegasnya ketika dihubungi Langit7, Kamis (13/10/2022).

Di sisi lain, lembaga zakat juga harus bisa mempersiapkan diri, baik saat krisis seperti resesi 2023 maupun tidak. Menurutnya, mereka perlu punya target dan orkestra yang baik.

Baca Juga: Chatib Basri: Indonesia Tak Akan Resesi tapi Pemerintah Perlu Antisipasi

Apalagi, lanjut akademisi yang aktif mengedukasi keuangan syariah ini, orang-orang mulai memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi.

Hal itu terlihat saat pandemi Covid-19 lalu, di mana banyak orang mulai berbagi dan membantu meringankan beban sesamanya.

"Ini menyatakan kepedulian orang-orang yang meningkat. Tapi kondisi itu perlu dijaga terus-menerus. Artinya, jangan sampai kepedulian orang-orang ini justru meningkat saat di situasi krisis saja," tambahnya.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 25 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:09
Ashar
15:16
Maghrib
18:16
Isya
19:26
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan