Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 25 Februari 2024
home global news detail berita

Restoran Mulia, Bolehkan Pengunjung Makan Sampai Kenyang dan Bayar Seikhlasnya

ummu hani Rabu, 02 November 2022 - 15:26 WIB
Restoran Mulia, Bolehkan Pengunjung Makan Sampai Kenyang dan Bayar Seikhlasnya
Restoran Der Wiener Deewan di Austria yang membolehkan pengunjung makan sepuasnya dan bayar seikhlasnya. Foto: Instagram/@tikodes.
LANGIT7.ID - , Jakarta - Tak sedikit restoran menyediakan konsep unik agar menarik perhatian pembeli sehingga mendapatkan keuntungan lebih. Salah satunya Der Wiener Deewan, dengan sebutan restoran mulia.

Julukan tersebut bukan tanpa sebab. Alih-alih menginginkan keuntungan lebih, restoran Pakistan di Distrik 9 Vienna, Austria ini justru membolehkan pengunjung makan sepuasnya sampai kenyang tapi bayar seikhlasnya.

Restoran ini didirikan Afzaal Deewan sejak 2005. Imigran asal Pakistan yang datang ke Austria pada 2004, berhasil melakukan eksperimen sosial hingga membuat restorannya kian sukses.

Baca juga: Richard Tan, Mualaf Sukses Buka Restoran Dimsum

Awal mula membangun restoran ini, karena Deewan merasa harga makanan di restoran-restoran Austria sangat mahal.

"Saya datang ke Vienna untuk mencari pekerjaan. Dulu saya sering mampir ke restoran Asia, tapi harga makanan di sana sangat mahal. Lalu saat saya memasak di rumah biayanya jauh lebih murah," katanya, melansir dari SCMP, Rabu (2/11/2022).

Lalu suatu hari, Deewan bertemu dengan seorang anggota Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) yang tinggal satu gedung dengannya. Anggota LSM itu bertanya kepada Deewan apakah bisa masak makanan Pakistan atau tidak.

Deewan meng-iyakan pertanyaan tersebut. Ia lantas diminta masak untuk pesta yang diselenggarakan LSM itu.

"Tak disangka semua orang menyukai makanan itu dan saya pikir mau melakukan sesuatu yang sejalan dengan itu," tutur Deewan.

Kemudian, ia memiliki ide membangun usaha. Namun, mendirikan restoran tanpa dukungan finansial tidaklah mudah. Hingga akhirnya tercetus sebuah ide. Deewan memutuskan untuk bekerja sama dengan mahasiswa bernama Natalie yang kini menjadi istri sekaligus rekan bisnisnya.

Baca juga: Mualaf Cantik Wei Wei Sukses Buka Restoran China di Jakarta

Mereka kemudian membuka usaha restoran dengan bentuk eksperimen sosial.
"Ini dimulai sebagai percobaan. Idenya adalah untuk mengambil risiko dan mempercayai orang. Orang-orang Austria jujur dan sudah membuat kami bertahan selama 17 tahun," kata Deewan.

Hingga kini, pelanggan restorannya sangat beragam, ada pelajar, pengungsi, bahkan pemerintah seperti politisi dan menteri. Per harinya, restoran tersebut bisa dikunjungi hingga 500 orang.

Selain itu, Der Wiener Deewan juga mendonasikan sisa makanan sehingga tidak terbuang sia-sia. Sekitar pukul 10 malam, saat restoran tutup, sukarelawan akan datang ke dapur dengan kotak makanan mereka untuk mendapatkan makanan dari Der Wiener Deewan.

Keesokan harinya, Der Wiener Deewan akan memasak menu dengan bahan yang segar dan baru untuk disajikan kepada pengunjung. Restoran ini mampu menampung 75 pengunjung untuk santap di tempat.

Baca juga: Larazeta, Restoran Timur Tengah yang Cocok dengan Lidah Lokal

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 25 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:09
Ashar
15:16
Maghrib
18:16
Isya
19:26
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan