alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 07 Februari 2023
home global news detail berita

John McFall, Calon Astronot Disabilitas Pertama di Dunia

ummu hani Sabtu, 26 November 2022 - 20:00 WIB
John McFall, Calon Astronot Disabilitas Pertama di Dunia
John McFall menjadi calon astronot disabilitas pertama di dunia. (Foto: ESA)
LANGIT7.ID, Jakarta - Badan Antarika Eropa (ESA) membuat sejarah baru dengan merekrut John McFall untuk menjadi bagian dalam Proyek Kelayakan Parastronaut. Proyek ini bertujuan untuk membuktikan tak ada hambatan bagi penyandang disabilitas fisik berpartisipasi dalam penerbangan luar angkasa.

Dilansir dari laman resmi ESA, Sabtu (26/11/2022), McFall menjadi penyandang disabilitas pada usia 19 tahun. Saat itu, pria kelahiran Frimley, Inggris, 25 April 1981 tersebut mengalami kecelakaan motor dan membuat kaki kanannya harus diamputasi.

Peristiwa itu rupanya tak membuat McFall putus asa menjalani kehidupan sehari-hari. Berkat kegigihannya, McFall berhasil bangkit hingga menjadi atlet lari cepat yang mewakili Inggris Raya di Paralympic Games Beijing 2008.

Baca Juga: Ilmuwan Muslim Farouk El Baz, Otak di Balik Kesuksesan Misi Apollo

Kemudian, dia melanjutkan pendidikan kedokterannya dan lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Cardiff, Inggris pada 2014. Dari 2014 hingga 2016, McFall adalah Dokter Yayasan di Layanan Kesehatan Nasional Inggris. Dia bekerja di berbagai spesialisasi medis dan bedah di South East Wales, Inggris.

Pada November 2022, McFall terpilih mengambil bagian dari Proyek Kelayakan Parastronaut ESA. Pejabat ESA menggunakan istilah "parastronaut" merujuk pada orang-orang yang secara psikologis, kognitif, teknis, dan profesional memenuhi syarat untuk menjadi astronaut tetapi memiliki cacat fisik.

Melalui studi teknis, simulasi luar angkasa, misi analog, dan percakapan dengan mitra ESA, McFall diharapkan menjadi salah satu disabilitas fisik yang memungkinkan untuk dikirim ke luar angkasa.

McFall mengakui bahwa dirinya tak berambisi menjadi astronot. Meski demikian, kesempatan ini tak akan disia-siakannya dan terus diperjuangkan.

Baca Juga: Arab Saudi Bakal Kirim Astronot Wanita ke Luar Angkasa Tahun Depan

"Sebagai orang yang diamputasi, saya tidak pernah berpikir menjadi astronot adalah suatu kemungkinan. Saya sangat senang menggunakan keterampilan yang saya miliki untuk pemecahan masalah dan mengatasi hambatan. Ini memungkinkan penyandang disabilitas fisik melakukan pekerjaan setara dengan rekan mereka yang berbadan sehat," kata McFall.

Jika ESA akan menerbangkannya, McFall ingin menemukan jawaban atas pertanyaan praktis tentang seorang penyandang cacat fisik yang ke luar angkasa.

"Saya akan mencari tahu, apa yang sebenarnya terjadi pasa seseorang dengan amputasi tungkai bawah dalam gravitasi mikro. Apa yang terjadi pada sisa anggota tubuh mereka?," ucap McFall.

McFall akan bergabung dengan Kelas Astronaut ESA dengan lima astronot karier dan 11 astronot cadangan. Ini pertama kalinya ESA merekrut kelas penjelajah ruang angkasa baru untuk bergabung dengan barisannya sejak 2009.

Baca Juga:

Mengenal Artemis, Misi NASA Mendaratkan Manusia di Bulan

Siapkan Misi Artemis III, NASA Ungkap 13 Lokasi Pendaratan di Bulan


(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 07 Februari 2023
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
12:10
Ashar
15:27
Maghrib
18:20
Isya
19:32
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan