Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 25 Mei 2024
home community detail berita

Persis Kirim 24 Dai dan Guru ke Pelosok Negeri

Andi Muhammad Ahad, 27 November 2022 - 08:10 WIB
Persis Kirim 24 Dai dan Guru ke Pelosok Negeri
Persis Kirim 24 Dai dan Guru ke Pelosok Negeri. Foto: Istimewa.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Persatuan Islam (Persis) resmi melepas 24 dai dan guru ke daerah terpencil pelosok negeri melalui program 'Pembekalan Dai dan Guru'. Para dai yang sudah diberi pembekalan tersebut akan diterjunkan ke 18 Provinsi di Indonesia,

Anggota Bidang Dakwah PP Persis, Ustaz Yusuf Tajri menuturkan, tujuan dari program tersebut tak lain melaksanakan perintah Allah SWT agar dakwah dapat tersampaikan ke seluruh Indonesia. Termasuk daerah-daerah terpencil yang belum terjangkau.

"Ini adalah kewajiban dari jam'iyyah Persatuan Islam yang sudah terprogramkan dengan baik," kata Ustaz Yusuf saat di wawancara Langit7.id, Ahad (27/11/2022).

Baca Juga: Guru Bangsa Itu Telah Berpulang: Catatan Murid KH Aceng Zakaria

Ustaz Yusuf menjelaskan bahwa para Dai yang dikirim merupakan sarjana lulusan Sekolah Tinggi Agama Islam Persatuan Islam (STAIPI) Garut. Program ini pun memiliki tantangan yang cukup besar bagi para dai, sebab lokasi cukup jauh dengan akses yang kurang memadai.

"Belum lagi dengan kondisi masyarakat yang tentu kompleks dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya," ujarnya.

Terkait program yang disediakan, lanjut dia, mulai dari hal yang sederhana seperti mengajar iqra hingga berbaur dengan masyarakat setempat dengan menanamkan nilai-nilai agama Islam.

"Memang harus bisa membangun masyarakat supaya pemahamannya bertambah dalam kebaikan dan kebenaran. Kemudian mereka pun mengamalkan ajaran Islam," jelasnya.

Baca Juga: Ketum Persis Ajak Masyarakat Bantu Korban Bencana Cianjur

Ustaz Yusuf pun berpesan kepada para Dai, berdakwah melalui program ini merupakan suatu hal yang mulia. Karena secara langsung melaksanakan perintah Allah dalam menyiarkan agama Islam serta melaksankan tugas jam'iyyah sebagai kader Persis.

Dia berharap, agar dakwah para Dai yang bertugas dapat diterima di seluruh Indonesia dan melahirkan Indonesia yang rahmatan lil alamiin.

"Mendakwahkan Al-Qur'an bisa terbukti secara menyeluruh dan kita punya tema dengan mengirim para dai ini adalah membangun Indonesia menjaga akhlak bangsa. Jadi bagaimana para dai ini membangun negara Indonesia melalui pengajaran dan pendidikan yang misi utamanya adalah menjaga akhlak bangsa," ujarnya.

Baca Juga: Upah bagi Pendakwah, Buya Yahya: Hadiah dari Jamaah Itu Halal

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 25 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan