Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home lifestyle muslim detail berita

Tips Mandi di Siang Hari, Jangan Langsung Guyur Air ke Kepala

ajeng ritzki Ahad, 22 Agustus 2021 - 12:20 WIB
Tips Mandi di Siang Hari, Jangan Langsung Guyur Air ke Kepala
Ilustrasi mandi. (Foto: iStock).
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Saat akhir pekan, umumnya masyarakat lebih sering mengakhirkan jadwal mandi. Biasanya rutinitas membersihkan diri dilakukan saat siang hari. Namun jangan sampai asal mandi, sehingga berakibat buruk bagi kesehatan.

Bila ingin mandi di siang hari, sebaiknya tidak langsung mengguyur di bagian kepala. Sebab pascaberaktivitas, suhu tubuh terasa lebih panas, ditambah dengan cuaca di waktu tersebut.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menganjurkan ummat Islam mandi dengan cara membasuh kaki terlebih dahulu. Kemudian mengguyur hingga bagian lutut, naik ke paha, dan pelan-pelan sampai ke perut. Setelah itu bagian terakhir yakni membasahi badan (bagian dada hingga pundak) lalu berhenti 5-10 detik.

Sementara Nabi Muhammad menganjurkan kita mandi di pagi hari. Waktu terbaik untuk mandi yakni pada subuh. Karena air sedang banyak mengandung ozon, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga: Berpelukan, Manfaatnya Besar bagi Kesehatan Mental

Hal inipun dianjurkan dalam medis. Meski tidak ada patokan waktu mandi, namun para ahli kesehatan menganjurkan agar waktu mandi di siang hari tidak langsung mengguyur seluruh badan atau kepala dengan air.

Ketika siang hari, suhu tubuh dengan panas apalagi pascaberaktivitas. Bila mandi langsung mengguyur kepala dikhawatirkan dapat menimbulkan efek buruk. Karena itu bisa disiasati dengan cara beristirahat sejenak.

Tujuannya agar dapat menurunkan suhu tubuh lebih dulu agar menyesuaikan dengan suhu ruangan. Bila memungkinkan, mandilah dengan air hangat atau bersuhu ruangan, jangan terlalu dingin.

Namun akan lebih baik lagi bila tata cara mandinya mengikuti anjuran Rasulullah, yakni membasahi bagian-bagian tubuh secara bertahap sebelum mengguyur keseluruhan badan dan kepala.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan