Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home global news detail berita

Manfaat Tidur Siang, Dianjurkan Rasul dan Bikin Lebih Semangat

Suandri Ansah Ahad, 22 Agustus 2021 - 14:40 WIB
Manfaat Tidur Siang, Dianjurkan Rasul dan Bikin Lebih Semangat
Ilustrasi tidur. (Foto: Shutterstock)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Tidur siang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, bahkan menjadi rutinitas baik yang dianjurkan Rasulullah. Namun tidur di waktu siang jangan sampai terlalu lama, cukup sekitar 15-20 menit saja.

Istirahat di siang hari atau disebut juga qailulah disebutkan dalam hadist yang dinilai Hasan oleh yekh Albani dalam Shohih Al Jami. Nabi menyebutkan: "Qailulah lah karena sungguh setan itu tidak qailulah (tidur siang)."

Orang-orang Arab memahami qailulah merupakan istirahat di pertengahan siang, saat matahari memuncak. Namun istilah ini bukan berarti tidur siang yang berarti terlelap, namun sekadar beristirahat.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aplikasi untuk Bantu Kualitas Tidur Lebih Baik

Sebagian ulama berbeda pendapat mengenai waktu tidur siang. Ada yang menyebut sebelum waktu dzuhur sebagian lagi menilai, bisa dilakukan setelah waktu tersebut. Namun di luar perbedaan ini, tidur siang memang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh selama tidak terlalu lama.

Dalam pandangan medis, tidur siang sebaiknya hanya selama 15-20 menit. Tujuannya hanya untuk mengisi tenaga setelah beraktivitas sejak pagi hari (subuh). Ketika bangun, tubuh tentu akan merasa lebih segar.

Namun tidur siang yang terlalu lama malah akan membuat kita semakin mengantuk. Efek yang ditimbulkan seperti kurang fokus, menganggu kegiatan atau pekerjaan hingga sulit tidur di malam hari.

Sementara kapan waktu yang baik? Tidur siang bisa dilakukan sekitar pukul 13.00 - 14.00. Tepatnya satu jam setelah makan siang, berikan waktu beberapa saat agar tubuh mencerna dulu sebagian makanan.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan