Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 25 Mei 2024
home global news detail berita

Tesla Dekati Kesepakatan Awal Bangun Pabrik di Indonesia

ummu hani Kamis, 12 Januari 2023 - 14:15 WIB
Tesla Dekati Kesepakatan Awal Bangun Pabrik di Indonesia
Pabrik Tesla di Shanghai, China. (Foto: Langit7.id/iStock)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Tesla. Inc dikabarkan mendekati kesepakatan awal untuk membangun fasilitas produksi mobil listrik di Indonesia. Kabarnya, Tesla akan membangun pabrik dengan kapasitas satu juta unit.

CEO Tesla, Elon Musk ingin memanfaatkan cadangan bahan baku logam baterai utama di Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan ambisi Tesla membuat setiap pabrik di dunia memproduksi 1 juta kendaraan per tahun.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, disebut sudah melakukan pembicaraan dengan Tesla dipimpin oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Namun, belum ada tanggapan dari Bahlil terkait detail kesepakatan Tesla dengan Indonesia.

Baca Juga: Kemenhub Sosialisasikan Pengunaan Kendaraan Listrik Massal di Indonesia

Menanggapi kabar tersebut, Elon Musk meminta warganet berhati-hati dengan artikel yang menyebut sumber tanpa nama. Menurutnya, sumber seperti itu sering kali salah.

"Harap berhati-hati dalam menulis artikel yang mengutip 'sumber tanpa nama', karena sering salah," cuit Elon Musk di akun Twitternya, Kamis (12/1/2023).

Diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menemui Elon Musk pada Mei 2022 di Texas, Amerika Serikat. Setelah pertemuan tersebut, ada kesepakatan untuk pasokan nikel senilai USD5 miliar atau sekitar Rp77 Triliun antara Indonesia dengan Tesla.

Presiden Jokowi menginginkan Tesla membuat mobil listrik di dalam negeri, bukan hanya baterai. Apabila kesepakatan terealisasi, Indonesia akan menjadi negara yang memiliki pabrik Tesla ketiga di luar pasar asalnya, Amerika Serikat (AS).

Baca Juga:

Tesla Bakal Pangkas Sensor Ultrasonik untuk Autopilot

Tak Hanya Baterai, Jokowi Ingin Tesla Produksi Mobil di Indonesia


(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 25 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan