Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 25 April 2024
home masjid detail berita

Benarkah Dosa di Masa Lampau Akan Terhapus Jika jadi Mualaf?

Andi Muhammad Kamis, 19 Januari 2023 - 20:00 WIB
Benarkah Dosa di Masa Lampau Akan Terhapus Jika jadi Mualaf?
Benarkah Dosa di Masa Lampau Akan Terhapus Jika jadi Mualaf? Foto: Istimewa.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, JAKARTA - Menjadi seorang mualaf tidaklah mudah, sebab hidayah yang Allah berikan hanya orang-orang pilihan-Nya. Beruntunglah orang-orang yang mendapatkan petunjuk Allah menuju agama Islam, terlebih dosa-dosa mereka di masa lampau akan diampuni.

"Apabila seseorang masuk Islam kemudian Islamnya menjadi baik, niscaya Allah akan menghapus segala kejahatan yang telah dilakukan. Setelah itu, ia akan diberi balasan yaitu setiap kebaikannya akan dibalas Allah sepuluh sampai tujuh ratus kali. Sedangkan kejahatannya dibalas (hanya) setimpal kejahatannya itu, kecuali jika Allah memaafkannya." (HR Bukhari).

Menurut pendakwah Ustaz Adi Hidyat (UAH), Allah akan menghapus dosa-dosa orang-orang yang menjadi mualaf. Karena kalimat syahadat membuka lembaran baru dan menghapuskan semua yang telah berlalu.

Baca Juga: Ayat-Ayat Al-Quran tentang Mendekatkan Diri pada Allah SWT

"Saking tingginya kalimat (syahadat) itu di mata Allah, maka yang pertama kalimat itu bisa menggugurkan semua dosa-dosa dan belum dihitung sebetulnya dalam kalkulasi dosa. Dihitungnya dalam kesalahan kemusyrikan total," kata UAH dalam kajiannya, dikutip Kamis (19/1/2023).

Setelah berikrar dua kalimat syahadat, lanjut dia, maka lembaran baru pun dibuka. Disitulah mulai terhitungnya pahala dan dosa sebagai mualaf.

"Semua amal anda ketika masuk Islam akan mulai dihitung ketika mengucapkan Asyhadu an laa ilaha illallah, wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Seakan lembaran baru yang menutup semua yang lainnya," jelas Pendiri Quantum Akhyar Institute itu.

"Baru memiliki nilai di mata Allah. Karena dia baru punya nilai yang lainnya tidak dianggap, maka semua kosong," imbuh UAH.

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 25 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:51
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan