alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 07 Februari 2023
home edukasi & pesantren detail berita

Fenomena Asusila Anak, Pakar: Orang Tua Wajib Beri Perlakuan Khusus

Fifiyanti Abdurahman Rabu, 25 Januari 2023 - 12:32 WIB
Fenomena Asusila Anak, Pakar: Orang Tua Wajib Beri Perlakuan Khusus
Ilustrasi. Foto: LANGIT7/iStock
LANGIT7.ID - , Jakarta - Belakangan kasus asusila pada anak di bawah umur mencuat ke permukaan. Terbaru kasus 3 anak SD di Mojokerto yang merudapaksa seorang anak TK. Sebelum itu, ratusan pelajar di Ponorogo, Jawa Timur mengajukan dispensasi menikah karena hamil di luar nikah.

Pakar Parenting dan Penulis buku The Model, Nopriadi Hermani mengatakan kasus asusila pada anak merupakan fenomena gunung es yang terjadi di banyak negara, termasuk Indonesia.

Baca juga: Kasus Pelecehan Seksual, Ponpes Diminta Jaga Tradisi dan Norma

Dia pun mengimbau orang tua untuk peduli dengan kondisi ini sebagai langkah antisipasi.

"Kalau melihat dengan helicopter view pasti kita melihat ini masalah besar yang tidak dilihat oleh banyak orang. Nah ini yang perlu diwaspadai oleh para orang tua," ujar Nopriadi dalam diskusi bertajuk Waspada Fenomena Gunung Es Asusila Anak, Selasa (24/1/2022).

Salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua adalah memberikan treatment khusus. Menurut Nopriadi, anak yang tumbuh dengan tidak baik dikarenakan kesalahan orang tua yang tidak memberi perlakuan khusus pada anak.

"Treatment khusus pertama adalah perhatian orang tua. Betapa banyak saat ini orang tua yang tidak perhatian terutama bapak-bapak. Katanya nggak sempat. Kalau nggak sempat berarti membiarkan anak-anaknya," kata dosen Universitas Gajah Mada (UGM) ini.

Baca juga: Rok dan Jilbab jadi Bukti Tindakan Asusila MSAT

Nopriadi pun menukil perkataan seorang ulama besar yang menyebutkan bahwa permasalahan yang terjadi pada anak kebanyakan berasal dari orang tua.

Apabila orang tua tidak mengajarkan sesuatu yang bermanfaat serta berharga pada anak, maka orang tua telah melakukan sebuah kejahatan yang sangat besar.

Ada dalil yang mewajibkan orang tua untuk mendidik anak, terutama para ayah. Dalam surat At-Tahrim ayat 6 dijelaskan,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

"Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan." (QS. At-Tahrim: 6).

Baca juga: Tips Memilih Pondok Pesantren untuk Anak, Ini Kata Ustadz Opik

"Ini sebenarnya bukan treatment spesial tetapi ini kewajiban, sebagaimana kewajiban kita salat. Treatment khusus itu adalah perhatian orang tua di dalam mendidik anaknya," tuturnya.

Perlakuan khusus berikutnya adalah orang tua harus belajar untuk menjaga anak-anaknya. Sebab, lanjut Nopriadi, tanpa belajar maka cara mendidik anak bakal tidak terarah.

"Nah kalau sudah belajar bagaimana parenting, bagaimana Islam, hal selanjutnya adalah pintar bisa membaca situasi. Jadi orang tahu harus paham fenomena gunung es pada anak agar dia punya kesadaran. Dengan kesadaran itu ditambah pengetahuan tentang parenting maka dia akan mentreat anaknya secara spesial tadi," tandas Nopriadi.

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 07 Februari 2023
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
12:10
Ashar
15:27
Maghrib
18:20
Isya
19:32
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan