Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 30 April 2024
home home & garden detail berita

5 Tips Berkebun Bagi Pemula, Wujudkan Taman Impian di Rumah

mahmuda attar hussein Selasa, 07 Februari 2023 - 17:45 WIB
5 Tips Berkebun Bagi Pemula, Wujudkan Taman Impian di Rumah
Ilustrasi. (Foto: Langit7.id/iStock)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Bagi pemula, berkebun mungkin menjadi sesuatu yang sulit untuk dikerjakan. Namun Sahabat Langit7 tak perlu khawatir, karena taman impian di rumah sebetulnya bisa diciptakan dengan mudah.

Berkebun tak pernah kehilangan minat dari kalangan pehobi. Apalagi, setiap harinya dunia hobi yang satu ini terus melahirkan pehobi-pehobi baru.

Memelihara taman dengan berkebun cukup digemari karena bisa mengurangi stres. Terutama bagi mereka yang lebih gemar menghabiskan banyak waktu bekerja dari rumah (WFH).

Baca Juga: Tips Memelihara Taman Rumah agar Tetap Indah dan Sedap Dipandang

Nah, agar aktivitas kerja di rumah tak membosankan, Sahabat bisa sambil menikmati taman impian hasil buah tangan sendiri.

Berikut Langit7 berikan 5 tips memulai berkebun bagi pemula, seperti dilansir dari miraclegro.com, Selasa (7/2/2023):

1. Lokasi

Langkah awal berkebun adalah menentukan lokasi yang tepat untuk area taman. Tempatkan taman di bagian yang bisa mengubah tampilan rumah menjadi semakin estetis.

Di antaranya seperti lokasi halaman belakang rumah, teras, maupun pada dinding rumah dengan konsep vertical garden, terutama bagi Sahabat yang memiliki lahan terbatas.

2. Cahaya Matahari

Penentuan lokasi taman juga harus bisa mengikuti arah cahaya matahari. Artinya, tanaman-tanaman tersebut nantinya mesti bisa mendapatkan pancaran cahaya matahari.

Kita tahu bahwa tanaman hidup memerlukan sinar cahaya matahari yang cukup. Hal ini sangat penting, terutama bagi Sahabat yang memilih jenis tanaman sayuran yang membutuhkan setidaknya 6 jam paparan sinar matahari dalam sehari.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Obat Ini Bisa Ditanam di Rumah

3. Air

Salah satu tips berkebun terbaik adalah dengan merencanakan garapan taman yang dekat dengan sumber air. Pastikan Sahabat tidak sulit mengalirkan air dengan menggunakan selang agarproses penyiraman tanaman bisa dilakukan tanpa melelahkan.

Adapun cara terbaik untuk mengetahui tanaman butuh disiram adalah dengan menekan jari sedalam satu inci ke dalam tanah, bila sudah kering maka waktunya tanaman untuk disiram.

4. Wadah

Pertimbangkan wadah atau pot untuk tanaman. Setiap tanaman membutuhkan bentuk, jenis, dan bahan pot yang berbeda-beda.

Jenis tanaman seperti sayuran, bunga, pohon buah-buahan, dan beri bisa ditanam dalam satu wadah agar semakin hemat tempat.

Pastikan pula drainase pada pot tersedia dengan baik. Sehingga bisa membuat air mengalir dan tidak membuat tanaman busuk akibat air yang menggenang.

5. Pupuk

Sebagai makhluk hidup, tanaman juga membutuhkan asupan makanan yang didapatkan dari pupuk. Jadi jangan lewatkan pemberian pupuk ini.

Namun, Sahabat juga mesti mengetahui kadar kebutuhan masing-masing tanaman tersebut. Selain menyuburkan tanaman, pupuk juga bermanfaat untuk menyuburkan tanah. Hal ini akan turut menopang kehidupan tanaman menjadi lebih baik.

Baca Juga:

5 Sisa Bahan Makanan yang Bisa Ditanam Kembali, Jangan Dibuang

Studi Ungkap Manfaat Berkebun Bisa Turunkan Risiko Kanker


(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 30 April 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:50
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan