Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 25 Februari 2024
home lifestyle muslim detail berita

Hari Kanker Anak Sedunia: Mengenal Mitos yang Beredar tentang Kanker

Suandri Ansah Rabu, 15 Februari 2023 - 19:01 WIB
Hari Kanker Anak Sedunia: Mengenal Mitos yang Beredar tentang Kanker
Pita kuning mengartikan kepedulian kanker pada anak-anak. Foto: LANGIT7/iStock
LANGIT7.ID - , Jakarta - Tanggal 15 Februari 2023, diperingati sebagai Hari Kanker Anak Sedunia. Peringatan ini dinisiasikan oleh Childhood Cancer International, induk organisasi berbagai grup dukungan untuk anak dengan kanker yang dibentuk oleh para orang tua.

Tujuan dari dibuat peringatan Hari Kanker Anak Sedunia 2023 yakni agar masyarakat lebih sadar akan isu kanker anak yang melanda di dunia.

Terlebih dengan banyaknya hoaks atau mitos yang beredar seputar kanker. Karena itu penting untuk memahami tentang kanker dan membedakan mitos juga fakta yang ada di dalamnya.

Baca juga: Kanker Serviks Jadi Sebab Kematian Tertinggi Wanita, Cegah dengan HPV

Yayasan filantropi untuk anak-anak dengan kanker, Pita Kuning, membagikan sejumlah mitos tentang kanker.

1. Apakah Kanker Bisa Menular?

Tidak, kanker tidak bisa menular. Satu-satunya kemungkinan tingginya faktor risiko kanker menular jika terdapat transplantasi organ tubuh dari donor yang memiliki riwayat kanker di masa lalu.

Risiko tersebut juga sangat rendah yakni 2 kasus kanker per 10.000 transplantasi organ. Bagaimanapun, dokter menghindari transplantasi organ/jaringan dari orang yang pernah mempunyai kanker.

2. Jika anggota keluarga memiliki kanker, apakah saya akan terkena kanker juga?

Belum tentu. Kanker merupakan penyakit multifaktor yang bisa disebabkan dari pengaruh genetik, lingkungan, gaya hidup dan lain sebagainya.

Kanker yang disebabkan murni dari genetik, angkanya terbilang rendah yakni 5-10% akibat mutasi berbahaya yang diturunkan dari orang tua. Sedangkan 90% penyebab kanker lainnya disebabkan oleh gaya hidup dan faktor lingkungan (paparan radiasi, asap tembakau, dan lain sebagainya),

Baca juga: Manfaat Puasa Sunnah, Tingkatkan Imun dan Bersihkan Sel Kanker

3. Apakah pemakaian deodoran menyebabkan kanker?

Tidak. Belum ada studi yang membuktikan bahwa kandungan kimia dalam deodoran dapat mempengaruhi perubahan jaringan payudara. Sehingga, deodoran aman untuk digunakan.

4. Apakah perasaan sedih dapat meningkatkan kanker?

Hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa perasaan seseorang dapat meningkatkan kanker atau tutup usia akibat kanker.

Jika seseorang memiliki kanker, maka sebuah kewajaran jika ia merasa sedih, marah, putus asa, atau kadang-kadang merasa optimis dan positif di lain waktu.

Pasien kanker dengan sikap optimis mungkin lebih bisa memperhatikan hubungan sosial, tetap aktif, dan membantunya merasa lebih baik seiringan dengan berjuang melawan kanker.

Baca juga: Studi Ungkap Manfaat Berkebun Bisa Turunkan Risiko Kanker

5. Apakah Obat Herbal dapat Menyembuhkan Kanker?

Tidak. Ada beberapa penelitian yang menunjukan bahwa obat herbal (dan terapi alternatif lainnya) dapat mengatasi efek samping pengobatan kanker, tapi bukan berarti dapat menyembuhkan kanker.

Bagaimanapun, pasien kanker harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terkait dengan penggunaan produk alternatif atau obat herbal yang dikonsumsi.

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 25 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:09
Ashar
15:16
Maghrib
18:16
Isya
19:26
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan