Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 25 April 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Psikolog: Sekolah Jam 5 Pagi Perlu Perhatikan Aspek Keluarga dan Keselamatan

Suandri Ansah Sabtu, 04 Maret 2023 - 13:00 WIB
Psikolog: Sekolah Jam 5 Pagi Perlu Perhatikan Aspek Keluarga dan Keselamatan
Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menguji coba masuk sekolah jam 5 pagi. Foto: Antara.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID - , Jakarta - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menguji coba masuk sekolah jam 5 pagi. Kebijakan yang dicetuskan Gubernur Victor Laiskodat untuk tingkat SMA ini menuai sorotan dan dipertanyakan evektivitasnya.

Psikolog Muhammad Iqbal menilai sudah semestinya program masuk sekolah jam 5 pagi memerlukan kajian akademik yang komprehensif sebelum diterapkan. Di samping niat mendisiplinkan siswa, otoritas juga perlu mempertimbangkan aspek manusiawi lainnya.

Baca juga: Sekolah NTT Masuk Jam 5 Pagi, DPR: Merepotkan dan Buat Gaduh

“Aspek lain seperti kesiapan guru dan siswa,” kata Iqbal kepada Langit7.id, Jumat (3/3/2023).

Masuk sekolah jam 5 pagi perlu mempertimbangkan mana yang lebih dominan, dampak positif atau justru negatif. Bila kebijakan ini memberikan mudarat lebih banyak, maka perlu ditinjau ulang penerapannya.

“Guru-guru yang memiliki anak kecil dan keluarga akan menghadapi masalah dengan keluarganya, karena sebelumnya mereka harus mengurus keluarga sebelum berangkat kerja,” kata Iqbal.

Aspek lainnya yang perlu diperhatikan adalah keamanan dan keselamatan. Suasana lingkungan perjalanan dari rumah ke sekolah di tengah gulita rawan memancing kriminalitas dan keselamatan berkendara.

Baca juga: P2G Kritik Masuk Sekolah Jam 5 Pagi, Tidak Melalui Kajian Akademis

Laporan jaringan P2G NTT, kondisi pukul 05.00 WITA di NTT masih sepi aktivitas masyarakat dan suasana masih gelap. Hal ini berpotensi menciptakan tindak kriminalitas atau rentan faktor keamanan pada peserta didik dan pengajar.

Iqbal menyarankan pemerintah daerah bisa mengubah sistem menjadi sekolah berasrama atau boarding bila serius dalam masalah pembentukan karakter. Sehingga pembentukan karakter peserta didik bisa dilakukan secara berkesinambungan

“Ya perlu dievaluasi dari waktu ke waktu, karena kebijakan ini masih uji coba, bila dampaknya banyak negatif harus ditinjau ulang,” kata Iqbal.

Baca juga: Psikolog: Sekolah Pagi Buta Bisa Berdampak Buruk bagi Siswa

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 25 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:51
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan