Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 20 Juni 2024
home global news detail berita

Gempa M 6,0 Guncang Filipina Selatan, Warga Panik Berhamburan

Garry Talentedo Kesawa Selasa, 07 Maret 2023 - 17:34 WIB
Gempa M 6,0 Guncang Filipina Selatan, Warga Panik Berhamburan
Ilustrasi Seismograf sebagai perangkat untuk mengukur dan mencatat gempa bumi. (Foto: Langit7.id/iStock)
LANGIT7.ID, Jakarta - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,0 mengguncang Filipina selatan pada Selasa (7/3/2023). Survei Geologi Amerika Serikat (AS) bersama pemerintah setempat memperingatkan gempa susulan dan kemungkinan kerusakan.

Melansir dari Arab News, gempa dangkal terjadi sekitar pukul 14:00. (0600 GMT). Gempa itu berlokasi beberapa kilometer dari kotamadya Maragusan di provinsi pertambangan emas pegunungan Davao de Oro di pulau Mindanao.

Gempa bumi dangkal cenderung menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada yang lebih dalam. Meski demikian, tidak ada laporan kerusakan besar yang segera dikonfirmasi.

Baca Juga: BMKG: Musim Kemarau Bisa Lebih Cepat Terjadi di Indonesia

Seorang pegawai di kantor bencana Maragusan mengatakan, pihak berwenang sedang memeriksa laporan tanah longsor di jalan raya nasional.

"Kami belum menerima laporan kerusakan atau korban lainnya, tetapi kami sedang memeriksa desa-desa di sekitar kota. Guncangan terasa di kantor tetapi tidak ada kerusakan," katanya yang enggan menyebutkan namanya kepada AFP.

Kopral Polisi Kota Tagum, Stephanie Clemen menyatakan, gempa berlangsung sekitar 30 detik dan diikuti gempa susulan. "Kami segera memberikan statement. Kami masih berada di luar karena gempa susulan sedang baru saja terjadi," ujarnya.

Baca Juga: Kemenag Salurkan Bantuan Rp13,2 Miliar untuk 64 Madrasah Terdampak Gempa Cianjur

Meski gempa tampaknya tidak menghancurkan apa pun, namun Clemen menyebut gempa itu cukup kuat untuk "menimbulkan ketakutan".

Phoebe Alberto dan rekan-rekannya di kantor bencana di kotamadya Bataan Baru, bersebelahan dengan Maragusan, melarikan diri dari gedung mereka saat berguncang.

"Kami masih menilai kerusakan bangunan kami, jika ada. Kami di sini di luar sekarang," ucap Alberto.

Baca Juga:

Gempa Bumi Dangkal Guncang Sukabumi Terasa hingga Bogor

Turki Mulai Lakukan Pembangunan Pascagempa, Target Rampung Setahun


(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 20 Juni 2024
Imsak
04:30
Shubuh
04:40
Dhuhur
11:58
Ashar
15:19
Maghrib
17:51
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan