Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 13 April 2024
home global news detail berita

Syarat Indonesia Bisa Pimpin Dunia, Persatuan dan Keadilan Ekonomi Terjaga

Muhajirin Sabtu, 11 Maret 2023 - 21:00 WIB
Syarat Indonesia Bisa Pimpin Dunia, Persatuan dan Keadilan Ekonomi Terjaga
ilustrasi (foto: langit7.id/istock)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Ketua PP Muhammadiyah, Anwar Abbas, menjabarkan syarat Indonesia bisa bergerak ke puncak kepemimpinan dunia jika persatuan dan kesatuan di atas perbedaan bisa dijaga. Persatuan dan kesatuan bisa dijaga apabila keadilan, khususnya bidang ekonomi diterapkan di bangsa Indonesia.

“Kita jangan mengembangkan kebencian, jangan mengembangkan sentimen, tetapi bagaimana kita bisa belajar pada alam yang berkembang karena titik lemah di bidang ekonomi dan bisnis, maka kita harus belajar ke mereka supaya kita bersaing dan berkompetisi,” kata Anwar Abbas dalam Pembukaan Musywil ke-5 Muhammadiyah Maluku Utara pada Jumat (10/3/2023).

Abbas menegaskan, jika ingin menggerakkan Indonesia pada puncak kepemimpinan dunia, maka penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan mengedepankan keadilan.

Baca Juga: Umat dan Kepemimpinan Dunia Global (Bagian 1)

Agar Indonesia tidak terpecah-belah, maka harus dicari titik lemahnya dan dilakukan perbaikan untuk penguatan. Hal ini juga berlaku bagi komunitas apapun, termasuk organisasi Muhammadiyah yang selama ini dikenal sebagai organisasi yang maju.

“Tidak hanya menjadikan pendidikan dan pelayanan sosial sebagai gerakan kita, tetapi kita juga menjadikan gerakan ekonomi sebagai gerakan kita,” tutur Abbas.

Dia berpesan, dalam menghadapi dunia yang dinamis, masyarakat muslim perlu untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Abbas menyebut Muhammadiyah telah berbuat untuk Indonesia, maka sudah saatnya berbuat untuk semesta.

Baca Juga: Sekolah dan Kuliah di Luar Negeri, Emil Dardak Dapat Ilmu Kepemimpinan

“Muhammadiyah sudah berbuat untuk menyehatkan anak bangsa, mencerdaskan anak bangsa, membela anak yatim, fakir miskin dan terlantar. Hal itu sudah diakui oleh berbagai pihak dari dalam dan luar negeri,” ujar Abbas.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 13 April 2024
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
11:57
Ashar
15:14
Maghrib
17:56
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan