Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 29 Maret 2024
home global news detail berita

Syarat Indonesia Bisa Pimpin Dunia, Persatuan dan Keadilan Ekonomi Terjaga

Muhajirin Sabtu, 11 Maret 2023 - 21:00 WIB
Syarat Indonesia Bisa Pimpin Dunia, Persatuan dan Keadilan Ekonomi Terjaga
ilustrasi (foto: langit7.id/istock)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Ketua PP Muhammadiyah, Anwar Abbas, menjabarkan syarat Indonesia bisa bergerak ke puncak kepemimpinan dunia jika persatuan dan kesatuan di atas perbedaan bisa dijaga. Persatuan dan kesatuan bisa dijaga apabila keadilan, khususnya bidang ekonomi diterapkan di bangsa Indonesia.

“Kita jangan mengembangkan kebencian, jangan mengembangkan sentimen, tetapi bagaimana kita bisa belajar pada alam yang berkembang karena titik lemah di bidang ekonomi dan bisnis, maka kita harus belajar ke mereka supaya kita bersaing dan berkompetisi,” kata Anwar Abbas dalam Pembukaan Musywil ke-5 Muhammadiyah Maluku Utara pada Jumat (10/3/2023).

Abbas menegaskan, jika ingin menggerakkan Indonesia pada puncak kepemimpinan dunia, maka penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan mengedepankan keadilan.

Baca Juga: Umat dan Kepemimpinan Dunia Global (Bagian 1)

Agar Indonesia tidak terpecah-belah, maka harus dicari titik lemahnya dan dilakukan perbaikan untuk penguatan. Hal ini juga berlaku bagi komunitas apapun, termasuk organisasi Muhammadiyah yang selama ini dikenal sebagai organisasi yang maju.

“Tidak hanya menjadikan pendidikan dan pelayanan sosial sebagai gerakan kita, tetapi kita juga menjadikan gerakan ekonomi sebagai gerakan kita,” tutur Abbas.

Dia berpesan, dalam menghadapi dunia yang dinamis, masyarakat muslim perlu untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Abbas menyebut Muhammadiyah telah berbuat untuk Indonesia, maka sudah saatnya berbuat untuk semesta.

Baca Juga: Sekolah dan Kuliah di Luar Negeri, Emil Dardak Dapat Ilmu Kepemimpinan

“Muhammadiyah sudah berbuat untuk menyehatkan anak bangsa, mencerdaskan anak bangsa, membela anak yatim, fakir miskin dan terlantar. Hal itu sudah diakui oleh berbagai pihak dari dalam dan luar negeri,” ujar Abbas.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 29 Maret 2024
Imsak
04:31
Shubuh
04:41
Dhuhur
12:01
Ashar
15:14
Maghrib
18:02
Isya
19:11
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan