Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 20 Juni 2024
home wirausaha syariah detail berita

Peluang dan Tantangan Bisnis Syariah bagi Generasi Muda Islam

Muhajirin Sabtu, 18 Maret 2023 - 16:01 WIB
Peluang dan Tantangan Bisnis Syariah bagi Generasi Muda Islam
Ilustrasi generasi muda yang tertarik dengan bisnis syariah. Foto: LANGIT7/iStock
LANGIT7.ID - , Jakarta - Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim, Indonesia berpotensi besar untuk mengembangkan bisnis syariah. Bisnis syariah dapat didefinisikan sebagai bisnis yang mengikuti aturan-aturan syariah Islam dalam setiap tahapan transaksinya.

Hanya saja, masih banyak generasi muda muslim yang kurang paham mengenai cara bertransaksi bisnis sesuai dengan ajaran Islam. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi bisnis syariah bisa berkembang di Indonesia.

Baca juga: Bisnis Syariah Bukan Cuma Soal Untung, tapi Juga Implementasi Moral

“Peluang dan tantangan bisnis syariah bagi generasi muda Islam adalah tentang bagaimana mereka dapat memahami dan menerapkan transaksi bisnis sesuai dengan ajaran Islam,” kata Arwin dalam obrolan seputar Islam di kanal StArtFM, dikutip Sabtu (18/3/2023).

Dosen Manajemen Bisnis Syariah di Stain Madina ini, mengatakan, banyak generasi muda yang belum memahami cara mengelola bisnis agar sesuai dengan syariah.

Oleh karena itu, penting untuk memasukkan nilai-nilai Islam dalam setiap aspek bisnis, termasuk lembaga keuangan, agar generasi muda muslim bisa membangkitkan jiwa interferensif.

“Banyak remaja kurang memahami cara mengelola bisnis yang sesuai dengan syariah, sehingga membangkitkan jiwa interferensif bagi generasi muslim menjadi fokus utama lembaga keuangan Indonesia pada 2019-2024,” ucap Arwin.

Baca juga: Pondasi Bisnis Syariah, Materi Bukan Ukuran Sukses

Salah satu sektor yang menjanjikan bagi bisnis syariah adalah UMKM. Namun, pelaku UMKM perlu memahami cara mengintegrasikan aturan-aturan syariah dalam setiap tahapan bisnis mereka.

Sebagai contoh, jika seorang generasi muda ingin membuka usaha minimarket, maka ia harus memastikan bahwa bisnisnya dilaksanakan sesuai dengan tuntunan fiqih atau syariah, termasuk dalam hal pembiayaan yang digunakan.

“Bagi generasi muda Islam, penting untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam berbisnis, mulai dari proses awal hingga akhir, seperti bagaimana membuka usaha sesuai dengan tuntunan fikih atau syariat,” jelas Arwi.

Arwin menuturkan, sudah ada fatwa mengenai praktek-praktek akad-akad yang dibolehkan dalam bisnis syariah. Hal ini memudahkan generasi muda muslim untuk memulai bisnis syariah dengan benar dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca juga: Bisnis Syariah Jadi Solusi Hadapi Krisis

“Ada panduan-panduan, termasuk fatwa Dewan Syariah Nasional tentang praktik-praktik akad-akad bisnis yang dibolehkan,” ucap Arwin.

Ada beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh bisnis syariah, terutama bagi generasi muda. Salah satu tantangan tersebut adalah minimnya pengetahuan mengenai bisnis syariah.

Untuk mengatasi hal ini, diperlukan edukasi yang lebih baik mengenai bisnis syariah, baik melalui media sosial, seminar, maupun program edukasi formal.

“Bisnis syariah adalah perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan barang atau jasa sesuai dengan kaidah-kaidah syariat yang termaktub di dalam fikih muamalah. Contohnya, jika mencari modal untuk membuka usaha, maka harus menggunakan produk yang ada di dalam muamalah, seperti produk bagi hasil dari bank syariah,” tutur Arwin.

Baca juga: Skema Bisnis Syariah Ponpes Hidayatullah Raih Penghargaan di FESyar KTI

Tantangan lainnya adalah minimnya dukungan dari pemerintah. Pemerintah perlu memberikan dukungan yang lebih besar dalam mengembangkan bisnis syariah, baik melalui kebijakan maupun program-program yang mendukung bisnis syariah.

Kendati begitu, Arwin menyimpulkan, bisnis syariah memiliki potensi besar untuk dikembangkan di Indonesia. Generasi muda muslim perlu memahami bertransaksi bisnis sesuai dengan ajaran Islam. Selain itu, siap menghadapi tantangan-tantangan yang ada agar bisnis syariah dapat berkembang dengan baik di masa depan.

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 20 Juni 2024
Imsak
04:30
Shubuh
04:40
Dhuhur
11:58
Ashar
15:19
Maghrib
17:51
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan