Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 26 Mei 2024
home wirausaha syariah detail berita

BMT-LAZ Bisa Jadi Solusi Pembiayaan UMKM Terkendala Badan Hukum

Suandri Ansah Senin, 20 Maret 2023 - 20:00 WIB
BMT-LAZ Bisa Jadi Solusi Pembiayaan UMKM Terkendala Badan Hukum
Ilustrasi. (Foto: Langit7.id/iStock)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Deputi Direktur Akselerasi dan Kemitraan Usaha Syariah Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Ahmad Iqbal mengatakan, pelaku usaha atau UMKM produk halal harus dibantu dari sisi penguatan kualitas, kuantitas, dan legalitas produk termasuk dalam hal pembiayaannya.

Menurut Iqbal, ketika UMKM produk halal membutuhkan pendanaan dari lembaga keuangan syariah, maka harus memahami kebutuhannya. Pelaku UMKM juga harus mengetahui lembaga pembiayaan syariah seperti apa yang cocok untuknya.

"Misalnya, dilihat apakah UMKM ini berbadan hukum atau tidak. Kalau tidak berbadan hukum, tidak perlu ke lembaga keuangan komersial karena pasti akan ditolak," kata Iqbal dalam keterangannya dikutip Senin (20/3/2023).

Baca Juga: Muslim Life Fair Dorong UMKM Naik Kelas lewat Pembiayaan Syariah

Oleh karena itu, lanjut Iqbal, langkah yang harus dilakukan adalah dengan mencari lembaga-lembaga keuangan berbasis komunitas. Seperti BMT (Baitul mal wat tamwil), Bank Wakaf Mikro, Lembaga Amil Zakat, dan yang lainnya.

"Bisa juga dengan melihat dari sisi nilai pembiayaannya, kalau pembiayaannya hanya butuh 100.000, maka jangan ke bank. Cari lembaga keuangan syariah yang memang melayani pembiayaan dengan nilai kecil (ultramikro). Jika nilai pembiayaan yang dibutuhkan besar, bisa ke bank ataupun datang ke securities funding," ujarnya.

Iqbal mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan penyusunan modul yang diperuntukkan untuk membentuk pendamping UMKM. Hal tersebut bertujuan agar para pendamping ini bisa membantu pelaku usaha untuk melakukan assessment (penilaian) terhadap kondisi pelaku UMKM.

"Kami sedang siapkan modulnya, mudah-mudahan tahun depan sudah bisa melakukan uji coba training ke pendamping UMKM. Namanya Modul Pendampingan Pembiayaan/Pendanaan Syariah Terintegrasi," tambah Iqbal.

Baca Juga:

Menkop UKM Ungkap 4 Tantangan Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

Pembiayaan Konsumer BCA Syariah Tumbuh karena Pricing Murah


(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 26 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan