Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 18 September 2024
home global news detail berita

Peneliti Temukan Bakteri Baru di Laut, Perkuat Dugaan Adanya Kehidupan Alien

Suandri Ansah Senin, 20 Maret 2023 - 22:40 WIB
Peneliti Temukan Bakteri Baru di Laut, Perkuat Dugaan Adanya Kehidupan Alien
Ilustrasi sinar cahaya menembus laut dalam. (Foto: Langit7.id/iStock)
LANGIT7.ID, Jakarta - Para ilmuwan telah menemukan spesies bakteri baru yang tumbuh subur di dalam gumpalan-gumpalan air panas bawah laut di perairan dalam samudera-samudera di Bumi. Penelitian ini memperkuat dugaan adanya kehidupan alien di luar angkasa.

Dilansir dari Space.com, Senin (20/3/2023), mata air panas seperti itu kemungkinan juga ada di dunia samudera, seperti Europa, bulan Jupiter dan satelit Saturnus, Enceladus. Para astronom menyatakan, pengamatan ini mempertajam pemahaman tentang bentuk kehidupan alien yang mungkin ada di kedua bulan tersebut.

Bakteri yang baru ditemukan adalah Sulfurimonas pluma, termasuk dalam keluarga organisme yang sampai saat ini hanya diketahui dari ventilasi vulkanik di dasar laut Bumi. Hal itu karena tidak dapat mentolerir kadar oksigen yang tinggi dalam air di tempat lain.