Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 20 Juni 2024
home sosok muslim detail berita

Meski Kakinya Diamputasi, Muslim Pakistan Ini Berjuang Wujudkan Impian Haji

Muhajirin Sabtu, 24 Juni 2023 - 14:30 WIB
Meski Kakinya Diamputasi, Muslim Pakistan Ini Berjuang Wujudkan Impian Haji
Mohammed Shafiq, seorang pria amputasi asal Pakistan berangkat ke Tanah Suci
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Syariat Islam agama mudah, tidak mewajibkan orang yang cacat untuk menunaikan ibadah haji. Tapi bukan berarti tidak boleh. Hal itulah yang ditunjukkan Mohammed Shafiq, seorang pria amputasi asal Pakistan yang berangkat ke Tanah Suci Mekkah untuk berhaji.

Mohammed Shafiq sudah menaruh mimpi jauh-jauh hari untuk melakukan perjalanan spiritual tersebut. Hati nuraninya terketuk, sehingga tetap berjuang melawan keterbatasan untuk menyambut panggilan Allah SWT di Tanah Suci.

Mengutip Gulf News, kaki Shafiq diamputasi 30 tahun lalu saat dia ditabrak bus. Menjaga semangat tak tergoyahkan, dia berpegang teguh pada mimpi melakukan perjalanan suci ke Makkah. Akhirnya dia mencapai Mekkah.

Dia mengungkapkan kegembiraan dan kesenangan yang luar biasa karena berhasil mencapai Tanah Suci. Tangis haru tak bisa dia sembunyikan. Apalagi saat melihat kiblat umat Islam di Masjidil Haram.

Baca juga:Kriteria Capres-Cawapres Ideal Versi Muhammadiyah

“Saya akan melempar kerikil sendiri selama hari-hari Tashreeq, bersandar pada kruk saya. Perasaan saya tak terlukiskan, dan saya melihat Kaa`bah, titik fokus umat Islam, di depan mata saya. Mimpi yang telah saya tunggu-tunggu sepanjang hidup saya menjadi kenyataan,” kata Shafiq.

Haji merupakan ibadah tahunan dalam kalender Islam. Jutaan umat Islam berkumpul setiap tahun di kota Makkah Arab Saudi untuk melakukan perjalanan mulia tersebut. Manasik haji akan terjadi tahun ini antara Senin (26/6/2023) dan Sabtu (1/7/2023). Selanjutnya, Idul Adha akan dimulai pada 29 Juni.

Haji terdiri dari beberapa ritual yang dimaksudkan untuk melambangkan konsep-konsep penting dari iman Islam. Mereka juga memperingati cobaan Nabi Ibrahim dan keluarganya. Setiap Muslim dewasa berbadan sehat yang mampu secara finansial untuk melakukan perjalanan harus melakukan haji setidaknya sekali seumur hidup.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 20 Juni 2024
Imsak
04:30
Shubuh
04:40
Dhuhur
11:58
Ashar
15:19
Maghrib
17:51
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan