Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 25 April 2024
home sosok muslim detail berita

Branch Manager BSI Eric Kurniawan Jadi Wisudawan Terbaik S3 UINSA

tim langit 7 Sabtu, 19 Agustus 2023 - 18:00 WIB
Branch Manager BSI Eric Kurniawan Jadi Wisudawan Terbaik S3 UINSA
Branch Manager BSI Eric Kurniawan (kanan) dan Rektor UINSA Prof. Achmad Muzakki.Foto/ist
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Branch Manager Bank Syariah Indonesia (BSI), Eric Kurniawan dinobatkan menjadi wisudawan terbaik jenjang S3 Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya periode 104. Eric Kurniawan berhasil lulus dengan IPK 3,91 dalam program Ekonomi Syariah.

Meski memiliki aktivitas yang super padat menjadi Branch Manager di BSI, aktif di lembaga sosial nasional menjadi Ketua Dewan Pengurus LAZ LMI, dan aktivitas lainnya, Eric tetap bisa menjalankan perannya dengan gigih. Berkat kegigihannya itulah Eric, sapaan akrabnya, dinobatkan sebagai wisudawan terbaik.

Menurutnya, prestasi itu merupakan prestasi bersama. “Bersyukur karena prestasi ini merupakan pencapaian yang tidak serta merta prestasi pribadi. Ada doa orang tua, guru, istri, anak, dan para kolega," jelasnya saat ditemui pasca menerima penghargaan wisuda, Jumat 18 Agustus 2023.

Baca juga:Sistem Pendidikan Pesantren adalah Khas Peradaban Islam Nusantara

Tantangan Bekerja Sekaligus Kuliah
Eric bercerita bahwa bekerja dan kuliah bukan sesuatu yang tidak mungkin dijalankan bersamaan, melainkan sangat bisa. Hanya saja perlu mengatur waktu yang tepat, manajemen baik, dan dukungan keluarga. Meski demikian kondisi pembelajaran secara daring saat pandemi Covid-19 kala itu menjadikannya sedikit lebih mudah.

"Tantangannya itu saat semua amanah dihadapkan dengan deadline dan semuanya harus tuntas dengan baik. Tapi karena pembelajaran saat Covid-19 secara online jadi bisa belajar dimanapun Dan tidak harus di kampus,” terangnya.

"Yang lebih sulit tentu saja saat menyelesaikan disertasi. Harus mencari data, mengolah data, menelaahanya, kemudian membandingkan dengan disertasi sebelumnya, jarang istirahat, waktu malam harus terus bergelut dengan data dan secepat mungkin merampungkannya, karena paginya sudah harus bekerja lagi," tutur salah satu wisudawan tercepat diangkatannya tersebut.

Pria asal Banyuwangi yang saat ini berumur 40 itu mengawu bahwa menyelesaikan doktor diusia 40 tidaklah mudah. Perlu kerja ekstra untuk mereview setiap pembelajaran yang diberikan dosen,

"Terlebih saya ini seorang praktisi, bukan akademisi. Ilmu-ilmu di dunia pekerjaan, terkadang sedikit berbeda dengan teori di bangku kuliah, akhirnya saya perlu membaca ulang teori-teori yang digunakan untuk menunjang pembelajaran," kenangnya.

Kerja ekstra dan istiqomah itu tidak lahir dari beberapa tahun belakangan, melainkan ia pupuk sejak kecil. Pasalnya anak dari kedua orangtua yaitu Siswanto Dan Triwahyuni Setyaningsih itu sudah mandiri sejak S1.

"Saya sejak kecil sudah dilatih mandiri oleh orang tua. Mengenyam Pendidikan Menengah Pertama di Ponpes Al-Amien Prenduan Sumenep. Kemudian saat S1 nyambi-nyambi jualan majalah, menjadi trainer, menjadi tentor bimbel. Ini yang melatih karakter saya hingga hari ini," katanya.

Nanti ke depan Eric akan mengabdi untuk negara dan mengembangkan ilmu perbangkannya, “Saya akan mengabdi sebaik-baiknya dan terus meningkatkan kapasitas keilmuan saya untuk ummat, bangsa dan negara.” pungkasnya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 25 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:51
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan