Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 25 April 2024
home lifestyle muslim detail berita

Harvard University: Sujud Posisi Terbaik Obati Sakit Punggung

esti setiyowati Ahad, 20 Agustus 2023 - 12:00 WIB
Harvard University: Sujud Posisi Terbaik Obati Sakit Punggung
ilustrasi
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Universitas Harvard menyebut sujud adalah posisi terbaik untuk mengobati sakit punggung tanpa harus menjalani operasi atau prosedur medis.

Sakit punggung sendiri menjadi masalah paling umum di dunia medis. Bahkan penderitanya mencapai lebih dari 1 juta orang secara global per tahunnya.

Banyak orang yang menjalani pengobatan ekstensif hingga melakukan operasi untuk menghilangkan penyakit tersebut. Akan tetapi, tindakan ini malah menimbulkan efek samping jangka panjang.

Namun, menurut Harvard Health, dikutip Sabtu (19/8/2023) ada cara sederhana untuk menghilangkan sakit punggung, yaitu dengan melakukan sujud.

"Anda mungkin mempertimbangkan operasi atau intervensi lain untuk mengobati sakit punggung. Tetapi sebenarnya obat terbaik adalah gerakan dan olahraga kuno yang baik," bunyi unggahan di 'X', sebelumnya dikenal dengan Twitter.

Sujud adalah sikap tubuh dengan dahi, hidung, kedua tangan, dua lutut, dan jari kaki menyentuh tanah. Bagi umat Islam, sujud merupakan salah satu gerakan salat.

Selain memberi manfaat untuk mengobati nyeri atau sakit punggung, ada beberapa manfaat lain dari sujud. Di antaranya, posisi ini dapat meningkatkan pengiriman oksigen ke jaringan dan sirkulasi darah.

Kemudian, sujud disebut juga sebagai terapi fisiologi terbaik untuk mengurangi kecemasan, depresi, dan stres.

Fakta yang sama juga pernah disampaikan oleh ahli jantung, psikoterapis dan spesialis nutrisi dan penuaan, Stephen Sinatra, dikutip dari Saudi Gazette.

Menurut Sinatra dalam penelitiannya, tentang efek positif sujud bagi kesehatan, disebutkan Bumi adalah planet listrik dan tubuh manusia adalah makhluk bioelektrik.

Saat sujud tubuh akan menyerap elektron dari permukaan Bumi yang membantu menetralisir radikal bebas bermuatan positif dalam tubuh yang merusak sel kita.

Aktivitas destruktif radikal bebas dalam tubuh dikaitkan dengan banyak penyakit dan penuaan dini. Sujud dapat mengurangi peradangan, rasa sakit, kecemasan, dan stres.

"Sujud dapat memulihkan dan menstabilkan sirkuit bioelektrik yang mengatur fisiologi dan organ Anda, menyelaraskan ritme biologis dasar Anda, meningkatkan mekanisme penyembuhan diri, mengurangi peradangan dan rasa sakit, serta meningkatkan kualitas tidur dan perasaan tenang Anda.” kata Dr. Sinatra.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 25 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:51
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan