Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 21 Juli 2024
home lifestyle muslim detail berita

Selain Alkohol, Hindari 4 Makanan Ini agar Berumur Panjang

esti setiyowati Senin, 21 Agustus 2023 - 19:10 WIB
Selain Alkohol, Hindari 4 Makanan Ini agar Berumur Panjang
ilustrasi
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Genetik, lingkungan, dan gaya hidup adalah faktor-faktor yang menentukan umur panjang seseorang. Sejumlah riset menemukan bahwa diet Mediterania yang seimbang bisa menjadi kunci dalam menunda penuaan.

Diet ini menekankan pada buah-buahan, sayuran, ikan, dan lemak sehat seperti minyak zaitun, gaya makannya secara otomatis anti-inflamasi dan ramah panjang umur.

Sebaliknya, beberapa makanan dan minuman diyakini dapat mempercepat penuaan. Studi dari jurnal pengobatan umum, The Lancet, menyebutkan satu dari lima kematian terjadi karena pola makan yang buruk.

Melansir Live Strong, Senin (21/8/2023), berikut lima makanan dan minuman terburuk yang dapat mempercepat penuaan.

1. Alkohol
Alkohol adalah racun dan tidak membantu kesehatan kita. Para ahli bahkan setuju bahwa alkohol jauh dari kata sehat.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan, alkohol dapat meningkatkan risiko kanker. Selain itu, menurut ahli diet terverifikasi, Katie Dodd, alkohol juga dapat meningkatkan risiko sistem kekebalan yang buruk.

2. Daging Olahan
Daging olahan seperti sosis, hot dog, dan kornet disebut dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal. Para ahli tidak bisa menentukan secara pasti berapa jumlah minimal agar tetap dapat menikmati daging olahan.

Namun yang pasti, semakin sedikit mengonsumsi daging olahan adalah yang terbaik. Sebagai gantinya, Anda dapat memenuhi kebutuhan protein segar dengan memakan ikan, unggar, telur, kacang-kacangan, tahu, dan tempe.

3. Gula Tambahan
Menurut CDC, gula tambahan atau pemanis buatan adalah penyebab utama penyakit diabetes tipe 2, jantung, ginjal, dan hati.

Selain itu, hasil penelitian Diabetologia membuktikan, kadar glukosa darah yang tinggi dapat menyebabkan tingkat penurunan kognitif secara signifikan.

4. Camilan Kemasan
Menurut Food and Drug Administration (FDA), rata-rata, orang Amerika mengonsumsi hampir 50 persen lebih banyak dari jumlah natrium yang disarankan setiap hari.

Salah satu sumber kelebihan garam dalam diet standar Amerika adalah makanan ultra-olahan (UPF), snack kemasan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi UPF yang terlalu sering berpotensi mempercepat penuaan.

5. Gorengan
Mengolah makanan dengan menggoreng atau memanggang dengan panas tinggi berisiko memperpendek usia seseorang. Sebab, menurut National Cancer Institute (NCI), dua cara olahan ini dapat menghasilkan senyawa berbahaya yang disebut heterosiklik amina (HCA) dan hidrogen aromatik polisiklik (PAH).

Masalahnya PAHs dan HCAs bersifat mutagenik, alias memiliki kekuatan untuk menyebabkan mutasi sel yang dapat meningkatkan risiko kanker.

Meski sebagian besar penelitian dilakukan pada hewan, namun studi epidemiologi pada manusia menunjukkan kemungkinan hubungan antara HCA dan kanker tertentu, seperti hasil penelitian di jurnal jurnal Genes and Environment (Juli 2016).



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 21 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan