Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 25 April 2024
home community detail berita

Optimalisasi Potensi Zakat, LMI Bersinergi dengan KSPPS Nuri Jatim

tim langit 7 Jum'at, 27 Oktober 2023 - 22:00 WIB
Optimalisasi Potensi Zakat, LMI Bersinergi dengan KSPPS Nuri Jatim
LMI bersinergi dengan KSPPS Nuri Jatim untuk optimalisasi potensi zakat.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Direktur Penghimpunan dan Kemitraan LMI, Ozi Riyanto mengungkapkan nilai dari pengumpulan zakat masih relatif rendah jika dibandingkan potensi yang ada.

Menurut laporan dari Ketua Baznas, potensi zakat mencapai 350 triliun. Potensi zakat yang besar tersebut belum dapat digarap dengan baik sehingga diperlukan sinergi bersama.

“Jadi kami melakukan kolaborasi bersama KSPPS Nuri Pamekan untuk memaksimalkan penghimpunan zakat agar lebih luas jangkauannya. Potensi zakat yang besar ini harus dioptimalkan untuk pengetasan kemiskinan, terutama angka fakir miskin dan mustahik,” ungkap Ozi saat ditemui usai kegiatan penyaluran dana zakat di Kantor Pusat Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Nuri Jatim (27/10/2023).

Baca juga:Hari Penglihatan Sedunia, Lembaga Ini Bagikan Kacamata dan Periksa Mata Gratis

KSPPS Nuri Jatim merupakan salah satu Mitra Pengelola Zakat (MPZ) dari LMI. pada tahun ini, KSPPS Nuri Jatim menyalurkan dana zakat sebanyak Rp478.071.230 kepada LMI yang nantinya akan dikelola dan diberikan untuk 8 Asnaf penerima zakat, yaitu Fakir, Miskin, Amil, Muallaf, Riqab, Gharimin, Fisabillah, dan Ibnu Sabil. Dana tersebut diperoleh dari hasil penghimpunan yang dilakukan oleh KSPPS Nuri Jatim.

Adi Hidayat selaku Manajer Baitul Mal KSPPS Nuri Jatim mengungkapkan pihaknya percaya dengan LMI untuk mengelola sekaligus mengeksekusi dana penghimpunan yang telah dilakukan sebelumnya. Tentunya, LMI sebagai lembaga amil zakat skala nasional sudah professional dalam mengelola dan mendistribusikan dana zakat sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

“Kami percaya sepenuhnya kepada LMI untuk mengelola dana zakat ini. Sebagai MPZ, kami juga diberikan edukasi sekaligus dibantu dalam urusan penghimpunan, terutama kepada masyarakat,” jelas Adi, sapaan akrabnya.

Perlunya peningkatan literasi masyarakat tentang zakat menjadi fokus kebijakan pengumpulan zakat. Hal ini disebabkan literasi zakat berpengaruh terhadap kesadaran masyarakat, terutama muzaki untuk mengumpulkan zakatnya melalui lembaga pengelola zakat.

“Potensi zakat yang ada ini dapat dioptimalkan dengan baik jika kesadaran dan literasi masyarakat tentang zakat juga dapat ditingkatkan, salah satunya melalui para amil zakat yang mengedukasi masyarakat di sekitaranya,” tutup Ozi.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 25 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:51
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan