Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 20 Juni 2024
home wirausaha syariah detail berita

PT Semen Indonesia Catatkan Laba Triwulan Pertama 2023 Capai Rp1,71 Triliun

tim langit 7 Rabu, 01 November 2023 - 15:00 WIB
PT Semen Indonesia Catatkan Laba Triwulan Pertama 2023 Capai Rp1,71 Triliun
PT Semen Indonesia Catatkan Laba Triwulan Pertama 2023 Capai Rp1,71 Triliun
LANGIT7.ID-, Jakarta- - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) selama Januari hingga September 2023 mencatatkan pendapatan sebesar Rp27,7 triliun, atau naik 4% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Sedangkan volume penjualan naik 5,9% terutama dari pertumbuhan segmen curah dan ekspor.

Untuk beban pokok pendapatan, hingga triwulan III 2023 tercatat sebesar Rp20,22 triliun. Hal ini seiring kenaikan volume penjualan dari emiten berkode SMGR tersebut. Sementara penurunan beban keuangan turut berkontribusi pada peningkatan laba periode berjalan yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar 1,8% menjadi Rp1,71 triliun.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, kenaikan pendapatan ini menunjukkan keberhasilan strategi bisnis yang diterapkan perseroan. Sehingga mampu menjaga profitabilitas di tengah tantangan persaingan industri yang sangat ketat.

"Meski pasar semen sempat terkontraksi pada semester I 2023, namun permintaan semen kantong mulai menunjukkan pertumbuhan positif sebesar 6,6% pada kuartal III 2023," katanya, Rabu (1/11/2023).

Baca juga:Pertahankan Kinerja Positif, Jasa Marga Tingkatkan Implementasi GCG di Setiap Lini Bisnis

Menurutnya, SIG berhasil menangkap peluang pertumbuhan pasar tersebut melalui penerapan strategi pengelolaan topline pada segmen retail, curah, ekspor dan produk turunan semen. Secara khusus, volume penjualan domestik SIG untuk periode hingga September 2023 tumbuh 0,7% dibanding tahun lalu. Dimana penjualan curah berkontribusi dengan pertumbuhan sebesar 9,6%.

"Sementara volume ekspor hingga September 2023 juga tercatat tumbuh 51,9% dibandingkan tahun lalu. Dengan naiknya volume penjualan, kami mampu membukukan pendapatan yang meningkat 4%," terangnya.

Lebih jauh Vita menjelaskan, meski beban pokok pendapatan meningkat karena masih terdampak kenaikan harga bahan bakar yang terjadi di kuartal III tahun lalu, upaya-upaya efisiensi dan optimalisasi yang dilakukan SIG. "Baik dari sisi pengendalian biaya maupun operasi, memberikan kontribusi pada peningkatan profitabilitas," ujarnya.

Menjelang akhir tahun 2023, Vita mengatakan bahwa, perusahaan berfokus mencapai kinerja solid dan pertumbuhan dibandingkan tahun 2022. "Di tengah tantangan persaingan pasar yang ketat serta tekanan biaya komoditas, kami mampu membuktikan kinerja yang teruji melalui konsistensi fokus pada pengelolaan pasar," tandasnya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 20 Juni 2024
Imsak
04:30
Shubuh
04:40
Dhuhur
11:58
Ashar
15:19
Maghrib
17:51
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan