Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 25 Mei 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Pentingnya Literasi Sejak Dini untuk Dukung Kesiapan Sekolah Anak

tim langit 7 Sabtu, 11 November 2023 - 07:30 WIB
Pentingnya Literasi Sejak Dini untuk Dukung Kesiapan Sekolah Anak
ilustrasi
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Literasi didefinisikan sebagai kemampuan menulis dan membaca. Literasi juga dinyatakan sebagai pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu.

Kemampuan literasi berperan penting dalam mendukung kesiapan sekolah anak. “Tidak jarang anak usia dini sudah mampu menggunakan teknologi dan banyak orang tua yang mengkhawatirkan pengaruh tekonologi terhadap anak,” ujar Dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya, Agus Budiman.

Dia menjelaskan, literasi penting di tengah gempuran teknologi yang berpengaruh besar terhadap perkembangan anak, terutama anak usia dini.

“Tidak jarang anak usia dini sudah mampu menggunakan teknologi dan banyak orang tua yang mengkhawatirkan pengaruh tekonologi terhadap anak,” ujar dikutip Sabtu (11/11/2023).

Baca juga:Jadi Simbol Dukungan untuk Palestina, Berikut Manfaat Buah Semangka

Budi menyebut, pada usia 4-5 tahun anak-anak berada dalam fase serba ingin tahu, anak selalu penasaran dengan hal-hal baru yang menarik perhatian mereka.

Dalam fase ini. katanya, ada bahaya besar dari rutinitas anak dalam mengakses dunia maya, sehingga dibutuhkan peran orang tua dalam pendampingan dan kesadaran orang tua secara penuh terkait dampak buruk yang ditimbulkan jika sering digunakan tanpa adanya pendampingan, khususnya dampak perkembangan dan tumbuh kembangnya.

Budi menjelaskan pengenalan literasi untuk anak usia dini bisa dimulai dengan kebiasaan membacakan buku cerita atau dongeng pada anak secara rutin oleh orangtua di rumah. Meski terkesan seperti kegiatan sederhana, membacakan buku pada anak adalah tahap awal mengenalkan mereka pada dunia literasi.

“Menumbuhkan budaya literasi di era digital seperti sekarang ini sangatlah penting. Budaya literasi memiliki peranan yang besar dalam melatih kemampuan dasar anak untuk membaca, menulis dan bercerita,” imbuhnya.

Di akhir keterangannya ia menegaskan, penanaman budaya literasi pada anak sejak dini akan mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada anak dan menyiapkan anak untuk memasuki dunia sekolah.

“Pengenalan literasi pada anak usia dini dapat dilakukan secara bertahap dengan memperhatikan tahap perkembangan anak, selain itu orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam menanamkan literasi pada tumbuh kembang anak,” urainya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 25 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan