Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 28 Mei 2024
home masjid detail berita

Tingkatkan Pengelolaan Masjid, LMI dan SMI Gelar Pelatihan Manajemen

tim langit 7 Kamis, 09 Mei 2024 - 08:00 WIB
Tingkatkan Pengelolaan Masjid, LMI dan SMI Gelar Pelatihan Manajemen
Lembaga Manajemen Indonesia (LMI) dan Sinergi Masjid Indonesia (SMI) berkolaborasi mengadakan kegiatan Workshop Manajemen Masjid di Masjid Ibnu Battutah, Bali
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Denpasar- - Lembaga Manajemen Indonesia (LMI) dan Sinergi Masjid Indonesia (SMI) berkolaborasi mengadakan kegiatan “Workshop Manajemen Masjid” di Masjid Ibnu Battutah, Bali, baru-baru ini.

Kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman tentang peran dan fungsi masjid dalam masyarakat serta meningkatkan profesionalisme dalam pengelolaan masjid.

Acara ini turut dihadiri oleh Muhammad Jazir ASP dan Ir. Misbahul Huda, MBA. Rudi, A.Md Par, yang menekankan pentingnya manajemen masjid dalam menciptakan kegiatan yang terarah dan bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga: Landasan Perintah Kurban dalam Al Quran dan Hadis

Kepala Kantor Perwakilan LMI Bali, Mohammad Jamil mengatakan target acara memahami peran dan fungsi masjid terhadap Masyarakat sekitar, termasuk takmir masjid mampu mengimplementasikan hasil dari pembelajaran program sekolah manajemen masjid ini.

Harapannya kehadiran masjid betul-betul membina umat dan umat membangun masjid. Selain itu harapan kedepan masjid bisa membangun perubahan pengelolaan masjid yang lebih baik dari sebelumnya dengan dibuktikan hasil laporan perkembangan pengelolaan masjid, baik dari sisi perencanaan, pelaksanaan dan pelaporannya.

Jamil, sapaan akrabnya, menambahkan, pelatihan tersebut sangat penting, mengingat diperlukan para pengurus yang berkompeten dalam mengelola masjid. Pelatihan itu juga untuk meningkatkan profesionalisme pengelolaan masjid.

"Manajemen masjid merupakan upaya memanfaatkan faktor-faktor manajemen dalam menciptakan kegiatan masjid yang lebih terarah. Oleh karena itu diperlukan pendekatan sistem manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan," tambahnya.

Ainur Rohim selaku perwakilan dari SMI menyebut, dalam prakteknya Rasulullah SAW menempatkan masjid tidak hanya sebagai tempat salat lima waktu, tapi juga sebagai sebuah pusat peradaban.

"Ini artinya, masjid dijadikan pusat pertahanan, pemerintahan, pendidikan, dan sosial budaya. Masjid merupakan sumber pendorong kemajuan masyarakat di sekitarnya," ujarnya

Dia berharap para peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat dalam pengelolaan masjid secara profesional, sehingga kegiatan dapat bermanfaat dalam kehidupan masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri oleh 160 peserta dari 60 masjid se-Bali Raya. Setelah kegiatan pelatihan ini selesai, harapannya setiap peserta yang hadir dapat mempraktekkan ilmu yang sudah didapat sehingga mampu meningkatkan kualitas masjid di seluruh Bali.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 28 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:15
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan