Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 26 Mei 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Mau Anak Sukses di Masa Depan? Ajarkan 7 Soft Skill Ini

esti setiyowati Sabtu, 11 Mei 2024 - 14:00 WIB
Mau Anak Sukses di Masa Depan? Ajarkan 7 Soft Skill Ini
ilustrasi
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Setiap orangtua tentu mengharapkan anaknya akan sukses di masa depan. Namun, melihat perkembangan zaman seperti saat ini orangtua perlu membekali sang buah hati dengan sejumlah keterampilan atau skill sejak dini.

Berikut berbagai skill mendasar yang harus dilatih sejak dini dilansir Times of India, Sabtu (11/5/2024).

1. Komunikasi

Salah satu keterampilan yang perlu diasah pada seorang anak adalah kemampuan berkomunikasi dengan orang lain secara efektif, tanpa bias dan asumsi. Selain itu, latih anak untuk secara aktif mendengarkan apa yang dikatakan orang lain.

Mengapa komunikasi penting? Sebab komunikasi dapat membantu anak untuk mengekspresikan emosinya dengan jelas pada orang lain dan memahami emosi mereka untuk memecahkan masalah dan membangun kepercayaan.

Baca juga:Lembaga Ma'arif NU Jatim Kembangkan Sekolah dan Madrasah Unggulan

2. Empati

Kebaikan hanya bisa dipelajari melalui empati. Mengajari anak berempati akan membuat mereka melihat suatu situasi dari sudut pandang orang lain.

Hal ini juga menciptakan sikap tidak menghakimi, yang membantu mereka menjadi individu yang lebih baik.

3. Etika

Etika adalah sopan santun yang perlu dipelajari setiap anak. Semakin dini anak-anak mempelajarinya, maka akan menjadi lebih baik bila etika sudah tertanam dalam diri mereka.

Mempraktikkan budi pekerti yang baik mendatangkan kebaikan dan kerendahan hati, sehingga menciptakan citra positif pada anak.



4. Kerjasama

Karena kita hidup dalam lingkungan bermasyarakat, maka seorang anak perlu belajar bagaimana bekerja dengan orang lain.

Akan terjadi perselisihan dan konflik, namun tentunya anak tidak bisa bertengkar dengan semua orang. Mereka perlu memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengelola emosi dan pikiran mereka saat bekerja dengan orang lain.

5. Manajemen waktu

Pelatih Soft skill Bersertifikat Internasional, Shalini Aggarwai, mengatakan, "Setiap orang memiliki jam kerja yang terbatas dalam sehari jika kita memanfaatkan waktu yang dihabiskan untuk tidur dan melakukan tugas-tugas rutin. Itu adalah apa yang Anda lakukan dengan mereka,".

"Jam yang tersisa dalam sehari itulah yang menciptakan perbedaan dalam hidup Anda. Mengajari anak keterampilan manajemen waktu sangatlah penting. Anak akan belajar bagaimana memprioritaskan tugas-tugas penting dan menjadi efisien," lanjut Aggarwai.

6. Kecerdasan Emosional

Keterampilan lain yang krusial dikuasai seorang anak adalah kemampuan untuk mengelola emosi diri sendiri dan orang lain. Setiap saat anak atau orang dewasa akan merasakan sesuatu, cara mereka menghadapinya tanpa membebani hubungan sangatlah penting.

Pengaturan emosi sendiri harus diajarkan kepada anak untuk mengelola emosinya dan membangun hubungan yang baik.

7. Bersosialisasi

Setiap hari seorang anak berinteraksi dengan seseorang. Mengembangkan keterampilan sosial sangat penting untuk mempelajari apa yang harus dikatakan, apa yang tidak boleh dikatakan, topik yang harus dihindari, dan berempati. Cara seorang anak berperilakulah yang menunjukkan banyak hal tentang dirinya.

8. Fleksibilitas

Keterampilan ini berasal dari perubahan terus-menerus di dunia luar, yang tidak dapat dikendalikan oleh siapa pun. Fleksibilitas disebut juga dengan kemampuan beradaptasi.

Beradaptasi dengan perubahan baru adalah salah satu keterampilan terpenting yang harus dikuasai seorang anak. Anak-anak tidak bisa berpuas diri dan selalu berada di zona nyaman.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 26 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan