Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 Juli 2024
home lifestyle muslim detail berita

Pempek Dinobatkan sebagai Olahan Seafood Terlezat di Dunia Versi Taste Atlas

esti setiyowati Rabu, 03 Juli 2024 - 15:00 WIB
Pempek Dinobatkan sebagai Olahan Seafood Terlezat di Dunia Versi Taste Atlas
Makanan khas Palembang, pempek dinobatkan sebagai olahan ikan atau seafood terenak di dunia versi Taste Atlas.Foto/ist
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Makanan khas Palembang, pempek dinobatkan sebagai olahan ikan atau seafood terenak di dunia versi Taste Atlas. Berdasarkan data Taste Atlas, pempek duduk di peringkat ketiga dengan rating 4,6 mengalahkan puluhan makanan laut dari negara lain.

Pempek berhasil mengalahkan beberapa makanan Jepang yang identik dengan hidangan laut seperti tekkadon, nigiri, unadon, sashimi, tendon, dan ebi furai.

Tak hanya pempek, Taste Atlas juga menempatkan Ikan Bakar, makanan khas Indonesia di posisi 49 dengan nilai 4,4.

Pempek merupakan makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari daging ikan giling dan tapioka. Masyarakat mengenal pempek sebagai hidangan khas Kota Palembang.

Merunut cerita asalnya, pempe dibuat oleh seorang warga Palembang yang sudah tua sudah bosan dengan ikan yang digoreng atau dibakar secara tradisional. Ia pun memikirkan cara inovatif untuk menggiling dagingnya, mencampurkannya dengan tepung tapioka, dan menggorengnya hingga camilan yang renyah dan lezat.

Baca juga:L.Tru Hadirkan Busana Umrah-Haji yang Nyaman dengan Harga Terjangkau

Pria tua itu kemudian menjajakan pempek menggunakan sepeda. Seiring berjalannya waktu, pempek dikenal sebagai camilan yang patut dipuji, dan kini dianggap sebagai makanan tradisional khas Indonesia.

Pempek yang memiliki bentuk bulat atau persegi panjang ini biasanya dikukus, dan sebelum disajikan, digoreng dengan minyak sayur dan dipotong-potong seukuran gigitan.

Sebagai pelengkap, umumnya hidangan pempek ditambah dengan irisan mentimun, mie, atau nasi menjadi pelengkap khasnya. Sementara saus asam manis atau cuko menjadi keunikan tersendiri pada hidangan yang kerap disajikan sebagai makanan pendamping.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan