Mercedes-Benz Coupe Baru Ini Lebih Unggul dari Pendahulunya, Harganya Bisa Sampe 5,4 Miliar
Tim langit 7
Senin, 31 Maret 2025 - 11:04 WIB
Mercedes-Benz Coupe Baru Ini Lebih Unggul dari Pendahulunya, Harganya Bisa Sampe 5,4 Miliar
LANGIT7.ID-Jakarta; Mercedes-Benz memiliki flagship sporty terbaru: AMG GT 63. Mobil ini adalah yang terbaru dalam trio coupe dengan bodi eksklusif untuk sub-merek AMG, dimulai dari SLS "gullwing" tahun 2010 dan dilanjutkan dengan GT tahun 2015. Model terbaru ini pada dasarnya adalah penyempurnaan dari generasi kedua (bentuk serupa, pintu konvensional), tetapi pabrikan mengklaim tidak ada satu pun komponen yang sama. Lebih baik lagi, menurut Benz, pembeli sekarang mendapatkan tata letak 2+2 (artinya ada dua kursi kecil di belakang untuk anak-anak), bagasi lebih luas, dan penggerak semua roda (AWD).
Fitur tambahan ini bukan sekadar bonus. Generasi sebelumnya hanya memiliki dua kursi dan bagasi kecil karena dibangun di atas platform khusus dengan transaxle mahal dan rumit di belakang, dirancang untuk distribusi bobot optimal dan handling sporty yang ekstrem. Mobil sebelumnya memiliki pembagian bobot 47/53 (depan/belakang), sedangkan model baru ini 54% bobotnya berada di depan. Dibangun di platform yang sama dengan SL convertible, versi yang lebih mewah ini juga bertambah berat 254 kg, dengan berat total mendekati 2 ton.
Meski proporsinya masih mirip, ukurannya bertambah: 177 mm lebih panjang, 66 mm lebih tinggi, dan wheelbase-nya diperpanjang. Kabin digeser lebih ke depan untuk ruang interior yang lebih luas, mengurangi kesan kap mesin panjang seperti sebelumnya. Hidung mobil juga lebih tinggi, membuat tampilannya tidak terlalu ekstrem.
Kami menguji GT 63 dalam peluncuran media di Tasmania. Rute dari Hobart mencakup jalan tol, jalan sekunder bergelombang, dan banyak tikungan. Pemandangannya memukau, dan untungnya lalu lintas cukup sepi. Hanya ada satu varian trim di sini (Mercedes-AMG GT 63 4Matic+ Coupe dua pintu), dilengkapi fitur kenyamanan seperti kursi depan berpemanas & berventilasi dengan fungsi pijat. Namun, interiornya sedikit mengecewakan. Dashboard didominasi layar sentuh besar, mirip banyak mobil lain. Materialnya premium, tetapi kurang memiliki kesan "mekanis" seperti generasi sebelumnya yang memiliki saklar krom berbentuk V dan ventilasi udara bergaya turbin.
Mesin V8 menghasilkan 430 kW (585 PS) dan 800 Nm torsi. Sistem 4Matic+ AWD membagi tenaga secara otomatis: hingga 100% ke roda belakang atau hingga 50% ke roda depan. Dengan Race Start, mobil ini bisa mencapai 100 km/jam dalam 3,2 detik (versi sebelumnya 3,6 detik). Kami mencobanya dan mencapai 3,27 detik! Fitur baru Active Ride Control dengan stabilisasi hidrolik membuat handling sangat stabil, bahkan di tikungan tajam.
Fitur tambahan ini bukan sekadar bonus. Generasi sebelumnya hanya memiliki dua kursi dan bagasi kecil karena dibangun di atas platform khusus dengan transaxle mahal dan rumit di belakang, dirancang untuk distribusi bobot optimal dan handling sporty yang ekstrem. Mobil sebelumnya memiliki pembagian bobot 47/53 (depan/belakang), sedangkan model baru ini 54% bobotnya berada di depan. Dibangun di platform yang sama dengan SL convertible, versi yang lebih mewah ini juga bertambah berat 254 kg, dengan berat total mendekati 2 ton.
Meski proporsinya masih mirip, ukurannya bertambah: 177 mm lebih panjang, 66 mm lebih tinggi, dan wheelbase-nya diperpanjang. Kabin digeser lebih ke depan untuk ruang interior yang lebih luas, mengurangi kesan kap mesin panjang seperti sebelumnya. Hidung mobil juga lebih tinggi, membuat tampilannya tidak terlalu ekstrem.
Kami menguji GT 63 dalam peluncuran media di Tasmania. Rute dari Hobart mencakup jalan tol, jalan sekunder bergelombang, dan banyak tikungan. Pemandangannya memukau, dan untungnya lalu lintas cukup sepi. Hanya ada satu varian trim di sini (Mercedes-AMG GT 63 4Matic+ Coupe dua pintu), dilengkapi fitur kenyamanan seperti kursi depan berpemanas & berventilasi dengan fungsi pijat. Namun, interiornya sedikit mengecewakan. Dashboard didominasi layar sentuh besar, mirip banyak mobil lain. Materialnya premium, tetapi kurang memiliki kesan "mekanis" seperti generasi sebelumnya yang memiliki saklar krom berbentuk V dan ventilasi udara bergaya turbin.
Mesin V8 menghasilkan 430 kW (585 PS) dan 800 Nm torsi. Sistem 4Matic+ AWD membagi tenaga secara otomatis: hingga 100% ke roda belakang atau hingga 50% ke roda depan. Dengan Race Start, mobil ini bisa mencapai 100 km/jam dalam 3,2 detik (versi sebelumnya 3,6 detik). Kami mencobanya dan mencapai 3,27 detik! Fitur baru Active Ride Control dengan stabilisasi hidrolik membuat handling sangat stabil, bahkan di tikungan tajam.