home sosok muslim

Mengenang Sosok Gus Dur, Presiden RI ke-4 dengan Jabatan Singkat

Jum'at, 30 Desember 2022 - 22:05 WIB
Karikatur wajah Gus Dur. (Foto: Santrigusdur.com)
Abdurrahman Wahid atau yang akrab dipanggil Gus Dur merupakan Presiden Indonesia ke-4. Gusdur terpilih menjadi Presiden oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) melalui Pemilu pada tahun 1999 menggantikan BJ Habibie.

Jabtanya sebagai presiden terbilang cukup singkat dari periode Oktober 1999 hingga Juli 2001. Meskipun singkat, Gus Dur telah mengeluarkan beberapa kebijakan yang berdampak besar bagi masyarakat Indonesia.

Dikutip dari berbagai sumber, Jumat (30/12/2022), pada tahun pertama menjabat sebagai Presiden, Gus Dur membubarkan Departemen Penerangan. Departemen Penerangan berperan mengontrol dan membina pers, media massa, televisi, film, radio, grafika, percetakan, dan penerangan umum.

Baca Juga:Berkunjung ke Markas NU, Menlu Malaysia Kenang Sosok Gus Dur

Pada masa Orde Baru, Departemen Penerangan dimanfaatkan oleh Presiden Soeharto sebagai alat untuk mengekang kebebasan pers. Oleh karena itu, Gus Dur memutuskan membubarkan Departemen Penerangan agar kebebasan pers bisa terjamin.

Selain itu, sosok Gus Dur juga memiliki tempat istimewa di hati rakyat Papua. Kepedulian terhadap Papua dia tunjukan dengan mengambil mengambil langkah penyelesaian konflik keamanan di Papua.

Dalam kunjungannya ke Papua, Gus Dur membuka diskusi dan mengundang berbagai tokoh masyarakat Papua tanpa terkecuali untuk memberikan pendapat mereka. Hal tersebut merupakan salah satu upaya Gus Dur memperoleh kepercayaan masyarakat Irian Jaya.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya