Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home global news detail berita

Mantan Pemain Timnas Alih Profesi Budi Daya Ikan Nila

mahmuda attar hussein Rabu, 23 November 2022 - 10:00 WIB
Mantan Pemain Timnas Alih Profesi Budi Daya Ikan Nila
Mantan Pemain Timnas Alih Profesi Budi Daya Ikan Nila. (Foto: Istimewa).
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Seorang mantan pemain timnas Indonesia alih profesi budi daya ikan. Dia tak mempermasalahkan kondisi tersebut, karena sama-sama mencari berkah Allah SWT.

Adalah Habib Arif Fadhilla yang memutuskan berwirausaha sejak pandemi Covid-19. Sebab saat itu mengharuskan Liga sepak bola di Tanah Air harus vakum.

"Awalnya banyak yang menyayangkan, tapi bagi saya semua itu sama aja, yaitu sama-sama mencari sumber rezeki. Hanya berbeda profesi, tapi semuanya sama, karena yang penting kita mencari berkah," ujar dia dikutip dari kanal YouTube CapCapung, Rabu (23/11/2022).

Keputusan beralih profesi menjadi pembudi daya ikan mendapatkan dukungan dari orangtuanya. Sebab hingga saat ini, dia masih terus belajar mendalami profesi barunya itu.

Baca Juga: Milenial Ini Sukses Raup Jutaan Rupiah dari Budi Daya Ulat Jerman

Di tempat budi dayanya yang berada di Sleman itu, Arif juga turut membudi dayakan jenis ikan lainnya. Di antaranya seperti lele, gurami, dan bawal.

"Modalnya nekat, dalam artian saya tidak tahu apa-apa. Sampai sekarang pun masih terus belajar kepada pembudi daya lainnya," ujarnya.

Bahkan, Arif sempat merasa kesulitan menjual hasil panennya saat awal merintis usaha. Tapi dengan bantuan sosial media kini dia mampu menjual hingga 5 kuintal per hari untuk ikan hasil panennya.

"Dulu jual ikan 10 kilogram itu lama, tapi sekarang bisa sampai 5 kuintal yang saya setor ke penjual di pasar, restoran, rumah makan, hingga pabrik," jelasnya.

Uniknya, Arif membudidayakan ikan di aliran sungai terbuka. Dia juga turut mengajak warga sekitar dalam memanfaatkan aliran sungai untuk budi daya.

"Sungai ini bagus dan jernih airnya. Jadi saya ajak warga untuk memanfaatkan sungai ini sebagai media budi daya ikan. Kita minta izin ke pemerintah setempat dan akhirnya buat karamba di sini," katanya.

Budi Daya Ikan Sungai Lebih Baik

Menurutnya, dengan membudi dayakan ikan di aliran sungai akan memberikan hasil panen yang lebih baik. Selain itu, dengan sungai yang berarus juga disebut akan membuat pertumbuhan ikan lebih cepat.

"Dari pengalaman saya, ikan sungai akan memiliki daging yang lebih gurih ketimbang ikan budi daya di kolam. Selain itu, pertumbuhan ikan akan lebih cepat saat budi daya di sungai," jelasnya.

Arif mengaku selalu siap 24 jam untuk mengantisipasi tantangan dalam budi daya ikan di sungai. Apalagi bila musim hujan yang cenderung menyebabkan air sungai meluap.

"Sewaktu-waktu hujan deras air bisa meluap dan tanggul bisa jebol. Dikhawatirkan ikan lari semua, jadi kita 24 jam selalu standby," ungkapnya.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan