Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 25 Mei 2024
home wirausaha syariah detail berita

Ikuti Trade Expo Indonesia, Jasa Marga Ingin UMKM Binaannya Naik Kelas

tim langit 7 Sabtu, 21 Oktober 2023 - 08:30 WIB
Ikuti Trade Expo Indonesia, Jasa Marga Ingin UMKM Binaannya Naik Kelas
Jasa Marga menginginkan UMKM binaannya naik kelas dengan mengikutsertakan pada Trade Expo Indonesia.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menunjukkan komitmennya dalam membina dan mengembangkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar naik kelas. Jasa Marga menggandeng UMKM binaan perusahaan untuk berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia (TEI) 2023.

Expo itu digelar 18-22 Oktober 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) – BSD City dan Solo Great Sale (SGS) 2023 pada 19-22 Oktober 2023 di Solo Paragon.

Jasa Marga mengajak empat UMKM binaannya untuk mengikuti dua ajang pameran tersebut. Keempat UMKM tersebut ialah SENIRATTAN, Sakha Leather yang mengikuti ajang TEI 2023, serta Handcraft Tatikhandicraft dan Batik Sragen Dewi Febyta yang mengikuti ajang SGS 2023.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, partisipasi UMKM binaan Jasa Marga ini merupakan komitmen Jasa Marga dalam memajukan UMK lokal sesuai dengan prinsip Jasa Marga dalam menjalankan bisnis berkelanjutan sekaligus mempercepat pemulihan perekonomian Indonesia.

Baca juga:Konektivitas Tol Trans-Jawa Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

“Upaya pembinaan usaha terus dilakukan melalui bantuan pendidikan, pelatihan, pemagangan, pemasaran, promosi, dan bentuk lain yang terkait dengan upaya peningkatan kapasitas Mitra Binaan. Dengan berpartisipasi pada gelaran TEI 2023 dan SGS 2023, Jasa Marga turut menyediakan tempat para UMK untuk melakukan promosi hingga memfasilitasi para UMK untuk berinteraksi langsung dengan para pengunjung maupun para pembeli," tambah Lisye.

Trade Expo Indonesia merupakan pameran dagang Business to Business (B2B) terbesar di Indonesia yang berskala Internasional dan secara rutin diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan dengan kolaborasi antarpihak yang mencakup Kementerian BUMN, Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Kedutaan Besar Indonesia di setiap negara, dan pemerintah daerah.

TEI Ke-38 tahun 2023 ini menghadirkan 7 sektor produk dan jasa premium yang akan dihadiri lebih dari 6.000 Buyers dari 150 Negara, dengan tema “Sustainable Trade for Global Economic Resilience” dan diharapkan akan mendorong sektor ekonomi di Indonesia semakin kuat.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat membuka Trade Expo Indonesia 2023 mengatakan, pemerintah berupaya membuka pasar yang lebih luas di kancah internasional, salah satunya ke Afrika dengan mengkaji The Comprehensive and Progressive Agreement for Trans-Pacific Partnership (CPTPP), karena bisa membuka pasar lebih luas lagi.

"Saat ini Indonesia semakin diakui dan dihormati di dalam lingkup internasional berkat kepemimpinan G20 dan KTT ASEAN 2023 karena menghadirkan kepastian dan juga supply chain reliability. Dengan posisi Indonesia yang semakin diperhitungkan, diharapkan industri dagang semakin gencar, lancar serta menghasilkan produk-produk unggulan yang bisa menambah pemasukan bagi pelaku bisnis itu sendiri,” ucapnya.

Solo Great Sale merupakan event tahunan yang diadakan oleh Kadin Kota Solo. Tahun ini, SGS 2023 dibuka oleh Deputi Bidang SDM, Teknologi & Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata dan dihadiri Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakosa. Selain itu, hadir mewakili manajemen Jasa Marga, Direktur Utama PT Trans Marga Jateng (TMJ) Prajudi.

Jasa Marga turut berpartisipasi pada main event BUMN UMKM Great Sale 2023 bersama perusahaan BUMN lainnya. Dengan mengusung tema "Wisata Belanja di Kota Budaya", SGS 2023 mencerminkan kekayaan budaya Solo dan sekaligus mendorong kunjungan wisatawan ke kota Solo.

Jasa Marga sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di industri jalan tol dan dekat dengan aktivitas masyarakat selalu berkomitmen mendukung penyediaan tempat promosi serta pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya UMK yang tergabung dalam mitra binaan Jasa Marga.

Selain menyediakan sarana promosi, Jasa Marga juga turut serta dalam menjalankan program pengembangan UMKM seperti pelatihan dan sertifikasi halal, serta pengembangan desa wisata, seperti Balkondes Majaksingi dan Taman Tresno yang menjadi bukti kepedulian Jasa Marga dalam mengembangkan potensi UMKM dan wisata masyarakat desa binaan dari Jasa Marga

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 25 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan