Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 21 Februari 2024
home global news detail berita

Pemilu 2024, Warga Muhammadiyah Disarankan Ikuti Keputusan Organisasi

tim langit 7 Senin, 05 Februari 2024 - 20:00 WIB
Pemilu 2024, Warga Muhammadiyah Disarankan Ikuti Keputusan Organisasi
Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Busyro Muqoddas.
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Muhammadiyah telah melaksanakan Muktamar ke-48 di Surakarta. Hasil dan keputusan muktamar menjadi pijakan bersama dalam menjalankan gerakan Muhammadiyah di nasional, bahkan internasional.

Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Busyro Muqoddas menyerukan itu dalam Kajian Rutin Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lamongan ke-2 di Masjid Ki Bagus Hadikusumo UMLA akhir pekan lalu.

Menurut dia, menyebarkan informasi tentang hasil dan keputusan Muktamar 48 merupakan tugas yang diemban PP Muhammadiyah, sekaligus semua unsur di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah.

“Bapak, ibu muter ke mana-mana menebarkan penjelasan-penjelasan keputusan muktamar kepada semuanya saja, karena keputusan muktamar itu utusan se-Indonesia, bahkan secara internasional. Karena juga diikuti oleh wakil-wakil Muhammadiyah di sejumlah negara asing,” ujar Busyro dikutip Senin (5/2/2024).

Baca juga:AICIS 2024 Hasilkan Semarang Charter, Berikut Selengkapnya

Memotivasi Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM), Busyro berseloroh, meski usianya sudah menginjak 71 tahun, tapi semangat dalam Bermuhammadiyah seperti remaja yang berusia 17 tahun. Dia mengajak untuk menikmati proses di Muhammadiyah.

Pada tahun politik seperti sekarang ini, Mantan Ketua KPK RI ini berpesan supaya warga persyarikatan tidak tegang-tegang dalam menghadapi Pemilu. Menurutnya, jangan sampai rakyat dijadikan mainan oleh elit dalam Pemilu 2024.

“Jadi dakwah Muhammadiyah itu dakwah yang menyenangkan, tidak usah terlalu tegang-tegang. Oleh karena itu pemilu atau tidak jangan sampai berbeda pilihan 01, 02, 03 lalu renggang silaturahminya,” pesannya.

Bagi warga Muhammadiyah Busyro menyarankan supaya mengikuti keputusan organisasi dalam memandang Pemilu 2024. Termasuk kriteria dalam memilih pemimpin yang sudah dirumuskan oleh organisasi.

Kriteria memilih pemimpin yang telah ditetapkan oleh organisasi, menurutnya memiliki kesamaan dengan sifat-sifat Nabi Muhammad SAW, yaitu sidik, tablig, fatanah, dan amanah

Supaya menjadi pemilih yang bijak, warga Muhammadiyah diharapkan mencari informasi tentang sosok kandidat yang akan ingin dipilih. Busyro menyebut, saat ini tidak sulit untuk melakukan itu, sebab rekam jejak pemimpin sudah tersedia di jagat maya yang sudah ada di genggaman atau gawai.

“Tetapi tidak boleh kelamaan ber-HP ria, itu takut kalau kemudian tidak tadabur Al Quranul Karim, dan lain lain,” pesannya.

Al Qur’an sebagai Kitab Suci menurutnya tidak cukup hanya dihafalkan dan dipelajari, tetapi juga diamalkan. Cara memperlakukan Kitab Suci ini yang menjadikan perbedaan warga Muhammadiyah dengan yang lain.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 21 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:10
Ashar
15:19
Maghrib
18:18
Isya
19:27
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan