Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 28 Mei 2024
home sosok muslim detail berita

Kisah Mengharukan Sopir Bus Ajak Makan Penumpang di Rumahnya

tim langit 7 Jum'at, 19 April 2024 - 22:05 WIB
Kisah Mengharukan Sopir Bus Ajak Makan  Penumpang di Rumahnya
skyscraper (Desktop - langit7.id)


LANGIT7.ID-, Jakarta- - Kisah pribadi sopir bus Borlindo, Satir Tajuddin, kini terus menjadi gunjingan. Pribadinya yang baik hati, dermawan dan bersikap baik terhadap para penumpang membuat namanya kini harum bak bunga yang aroma wanginya menyebar ke seluruh nusantara.

Kisahnya sederhana. Saat Satir membawa penumpang bertepatan pada hari raya lebaran Idul Fitri dari Palu menuju Makasar, tiba-tiba memiliki inisiatif mengajak para penumpang yang memenuhi bus-nya makan di rumahnya. Alasannya sederhana, saat itu, tidak ada satu pun warung yang buka. Sementara para penumpangnya sudah merasa kelaparan. Akhirnya ia spontan menawari para penumpang untuk diajak makan di rumahnya di wilayah Wono Polman. “ Saya bawa 30 penumpang. Alhamdulillah semua penumpang mau makan di rumah saya,” kata Satir. Rumahnya yang sederhana menjadi penuh karena kehadiran para penumpang bus yang ia bawa.

“Alhamdulillah kebetulan di rumah juga siap makanan. Ini pas Idul Fitri sehingga istri menyiapkan banyak makanan, karena untuk jaga-jaga kalau ada tamu yang halal bilhalal,” katanya. Sebelumnya, dalam perjalanan juga sempat istirahat untuk mengikuti solat Idul Fitri di masjid yang ada dilewati dalam rute perjalannya menuju Makassar. Para penumpang, usai sholat Idul Fitri, meminta untuk mencari warung agar bisa makan. Namun, dalam perjalanan, tidak ada satu pun warung yang buka. “Itulah alasan saya mengajak para penumpang mampir ke rumah makan bareng dengan keluarga,” ujarnya.

Dampak dari sikap baik hatinya Satir, ia mendapatkan pujian dari masyarakat. Bahkan, banyak masyarakat yang menaruh simpatik pada dirinya untuk minta nomor rekening bank yang ia punya. Dari sikap baiknya itu, banyak transferan uang dari masyarakat yang masuk. Menurut versi perusahaan bus Borlindo, sumbangan masyarakat karena simpatik atas pribadi sopir tersebut, jumlah dana yang masuk ke rekening Satir mencapai 100 juta. Namun, Satir buru buru membantah,”Nggak sampai segitulah. Memang ada uang yang masuk ke rekening saya dari masyarakat.

Meskipun tidak diungkap jumlah uang simpatik dari masyarakat yang masuk ke rekening Satir secara pasti, namun tindakan terpuji yang di lakukan itu benar-benar membuat terenyuh bagi siapa pun yang mendengar atau mebaca kisah sopir bus tersebut. Dalam agama, siapa pun yang berbuat baik pada sesama, akan mendapatkan balasan yang tidak disangka sangka. Itulah yang dialami Satir. Ia tidak menyangka, perbuatan baiknya, selain berdampak luas, ternyata juga bisa mendatangkan rizki dari arah yang tidak disangka sangka. Semoga pribadi baik Satir, bisa menginspirasi sopir sopir bus yang lain, termasuk masyarakat secara luas. Apa pun yang namanya berbuat baik, akan mendapatkan balasan yang baik pula

(lam)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 28 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:15
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan