Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 28 Mei 2024
home wirausaha syariah detail berita

Bank Terbesar Abu Dhabi Bakal Caplok Saham BSI Senilai Rp17 Triliun

tim langit 7 Sabtu, 20 April 2024 - 17:38 WIB
Bank Terbesar Abu Dhabi Bakal Caplok Saham BSI Senilai Rp17 Triliun
skyscraper (Desktop - langit7.id)


Bank Terbesar Abu Dhabi Bakal Caplok Saham BSI Senilai Rp17 Triliun

LANGIT7.ID-, Jakarta- - Bank syariah terbesar di Abu Dhabi, yakni Abu Dhabi Islamic Bank (ADIB) dikabarkan tengah dalam proses pembicaraan untuk membeli saham minoritas dari bank syariah terbesar di Indonesia, PT Bank Syariah Indonesia (BSI) sekitar US1,1 miliar atau setara Rp17,8 triliun.

Dilansir dari Reuters, akuisisi dilakukan ADIB bertujuan untuk memasuki pasar yang tengah berkembang pesat di Asia Tenggara. Adapun potensi akuisisi sebesar 15% saham BSI dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan salah satu opsi yang ADIB sedang pertimbangkan.

BSI diketahui telah memperluas pasarnya di Timur Tengah dengan membuka kantor perwakilan di Dubai International Financial Center pada awal Januari 2022 dan memperoleh persetujuan pada Agustus tahun lalu untuk menjadi cabang penuh. Perusahaan juga berencana untuk membuka cabang baru di Arab Saudi.

Menanggapi informasi akuisisi ADIB, manajemen BSI enggan berkomentar banyak dan menyatakan bahwa hal tersebut merupakan ranah dari pemegang saham perusahaan. Manajemen juga tidak dapat memastikan kesepakatan akan tercapai, pasalnya masih dalam pembicaraan dan pertimbangan tahap awal.

Di sisi lain, ADIB juga menyangkal terlibat dalam negosiasi apapun untuk mengakuisisi BSI. Saham ADIB berakhir turun 5,7 persen pada hari Rabu kemarin setelah laporan Reuters tersebut.

Bank Terbesar Abu Dhabi Bakal Caplok Saham BSI Senilai Rp17 Triliun

Sebagai infromasi, ADIB adalah bank terbesar di Uni Emirat Arab dan merupakan bank Islam terbesar ke-4 secara global berdasarkan aset. Pada akhir Desember lalu, bank itu memiliki aset senilai 192,8 miliar dirham (US$52,51 miliar).

ADIB memiliki salah satu jaringan distribusi terbesar di UEA dengan 62 cabang dan 379 ATM. Secara internasional, ADIB hadir di enam pasar strategis - Mesir, dengan 70 cabang, Kerajaan Arab Saudi, Inggris, Qatar, Sudan dan Irak.

(lam)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 28 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:15
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan