Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 28 Mei 2024
home community detail berita

Demi Kepentingan Umat, Kakak-beradik di Medan Hibahkan Tanah 7,8 hektar ke Muhammadiyah

tim langit 7 Jum'at, 10 Mei 2024 - 16:11 WIB
Demi Kepentingan Umat, Kakak-beradik di Medan Hibahkan Tanah 7,8 hektar ke Muhammadiyah
Rusmawati Surbakti (70, kanan) dan Erwin Lutfi Surbakti (60, kiri),dua kakak beradik, menghibahkan tanahnya seluas 7,8 hektar kepada Muhammadiyah Kota Medan.
skyscraper (Desktop - langit7.id)


LANGIT7.ID-, Medan- - Rusmawati Surbakti (70) dan Erwin Lutfi Surbakti (60), dua kakak beradik, menghibahkan tanahnya seluas 7,8 hektar kepada Muhammadiyah Kota Medan. Penyerahan secara simbolis lahan produktif seluas 7,8 hektar itu dilakukan bersamaan dengan silaturrahim Idul Fitri Muhammadiyah Kota Medan. Hibah tanah diterima Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Medan, Maulana Siregar MA.

Proses penyerahan hibah tanah yang berlokasi di Lau Bakrie (dekan Pesantren Darul Arafah,red) itu disampaikan oleh Sekretaris PDM Kota Medan Ibrahim Nainggolan yang membacakan dokumen terkait penyerahan tanah dimaksud. Selanjutnya, mempersilahkan pewakif untuk langsung menyerahkan dokumen kepada Ketua PD Muhammadiyah Kota Medan, Maulana Siregar.

Muhammadiyah di Sumatera Utara banyak menerima hibah tanah, baik dalam bentuk lahan kosong maupun lahan sudah berisi. Seperti lahan yang diserahkan Rusmawati Surbakti dan keluarga itu, adalah lahan produktif yang berisi tanaman sawit yang masih menghasilkan,.

Menyerahkan lahan seluas itu kepada Muhammadiyah. itulah pertanyaan banyak peserta silaturrahim. Apalagi lahannya masih produktif. Rusmawati menjawab pertanyaan jurnalis: Kami percaya kepada Muhammadiyah. Suara Rusmawati menjawab tangkas dan tanpa ragu.

Sudah lama keluarganya ini mewakafkan lahan itu kepada pihak ketiga yang mampu memanfaatkannya untuk kepentingan ummat. Awalnya, keluarga Rusmawati ingin menyerahkan kepada ACT sebagai wakaf produktif. Tapi kemudian tidak jadi, apalagi setelah ACT tersangkut masalah. Maka, keluarga kemudian memutuskan untuk menyerahkannya kepada Muhammadiyah. ” Kami percaya Muhammadiyah, karena organisasi ini dikenal sangat amanah,” kata Rusmawati dalam keterangan resmi, Jumat (10/5/2024).

Demi Kepentingan Umat, Kakak-beradik di Medan Hibahkan Tanah 7,8 hektar ke Muhammadiyah

Kepentingan Umat

Erwin Lutfi Surbakti, adik Rusmini, berharap Muhammadiyah Kota Medan dapat segera memanfaatkan lahan itu yang hasilnya dapat dimanfaatkan bagi kepentingan umat. Misalnya, mengolah lahan itu menjadi areal peternakan, perkebunan dan pertanian. Bisa juga menjadi areal wisata karena tanah yang berbatasan antara Deli Serdang dan Langkat itu, bersisian dengan aliran sungai.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Medan Maulana Siregar menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada keluarga pewakif yang telah memercayakan Muhammadiyah untuk mengelola dan merawat tanah itu. Selanjutnya, kata Maulana, PDM Kota Medan akan membahasnya untuk pemanfaatannya.

Penyerahan lahan hibah seluas 7,8 Hektar itu disaksikan langsung oleh Bendahara Pimpinan Pusat Muhammadiyah Hilman Latief, Ketua PW Muhammadiyah Hasyimsyah Nasution dan lebih seribu jamaah Muhammadiyah.

Terkait hibah lahan yang diterima Muhammadiyah, belum lama ini, Pimpinan Muhammadiyah Labuhan Batu Selatan juga menerima tanah hibah seluas 5 hektar di kawasan Kota Pinang. Tanah seluas itu rencananya akan dijadikan berbagai amal usaha, seperti masjid, rumah sakit dan pesantren Muhammadiyah.

(lam)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 28 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:15
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan