Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 Juli 2024
home community detail berita

Warga Muhammadiyah Secara Pribadi Ikut Tarik Dana Dari BSI, Jumlah Total Bisa Lebih 15 Triliun

tim langit 7 Rabu, 26 Juni 2024 - 09:32 WIB
Warga Muhammadiyah Secara Pribadi Ikut Tarik Dana Dari BSI,  Jumlah Total Bisa Lebih 15 Triliun
LANGIT7.ID-Jakarta; Penarikan dana dari Bank Syariah Indonesia (BSI) yang dilakukan oleh persyarikatan Muhammadiyah ternyata juga diikuti oleh banyak warga Muhammadiyah yang memiliki rekening pribadi. Menurut Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof Dr.Abdul Mu’ti MA, yang dikonfirmasi langit7.id, sebenarnya dari pimpinan pusat tidak ada instruksi atau arahan kepada warga Muhammadiyah secara pribadi. “Mungkin itu dilakukan secara suka rela,” ujar Prof Mu’ti.

Yang terkait dengan penarikan dana pribadi, PP Muhammadiyah tidak bisa melakukan monitor karena sifatnya sudah pribadi. Jika, penarikan dana pribadi tersebut terjadi secara massive di seluruh wilayah persyarikatan, jumlah dana yang ditarik dari BSI selain dana persyarikatan bisa lebih dari 15 triliun. “Ya kalau ada warga secara pribadi pribadi menarik dananya juga, jumlahnya memang bisa lebih,” ujar guru besar UIN Jakarta ini.

Saat disinggung Muhammadiyah mempunyai palnning ingin membangun Bank Syariah sendiri, menurut Prof Mu’ti sampai saat ini pimpinan pusat belum melakukan pembahasan sama sekali. “Belum dibahas,” katanya singkat.

Dari penarikan dana di BSI yang dilakukan amal usaha Muhammadiyah, di Jawa Tengah saja sudah mencapai 800 miliar. Ketua PWM Muhammadiyah Jawa Tengah Dr KH Tafsir dalam penjelasannya kepada media, dana yang sudah ditarik berkisar 800 miliar. Menurut sumber di internal Muhammadiyah, dana yang sudah ditarik dari seluruh wilayah, sudah mencapai 1 triliun.

Dr Tafsir yang dikonfirmasi langit7, membenarkan bahwa di wilayah Jawa Tengah banyak dana atas nama pribadi yang ditarik dari BSI. “Laporan yang masuk ke saya, memang ada dana amal usaha Muhammadiyah, ada juga dana yang atas nama pribadi warga Muhammadiyah,” ujar Kiai Tafsir yang juga dosen di UIN Semarang ini.

Menurut Kiai Tafsir, dana pribadi yang ditarik warga Muhammadiyah dari BSI itu, dialihkan ke bank-bank lain juga.

Saat dikonfirmasi apakah proses penarikan semua yang di Jawa Tengah sudah selesai, ia menjelaskan, sampai saat ini masih terus berproses. Yang paling membutuhkan waktu, katanya, adalah pemindahan pembiayaan amal usaha dari BSI ke bank lain. “Ini butuh waktu. Kalau dipaksakan risikonya kena pinalti,” ujarnya.

Menurut dia, pinalti masing-masing pembiayaan amal usaha Muhammadiyah di wilayah Jawa Tengah, ada yang bisa mencapai 1 miliar. “Jadi ini harus dilakukan bertahap,” katanya.(*)

(lam)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan