Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 Juli 2024
home masjid detail berita

Mampir di Rest Area 260B, Bisa Sholat di Masjid Angker dan Ngopi dengan Cangkir Antik

tim langit 7 Senin, 01 Juli 2024 - 09:07 WIB
Mampir di Rest Area 260B, Bisa Sholat di Masjid Angker dan Ngopi dengan Cangkir Antik
LANGIT7.ID-Brebes; Kesadaran masyarakat beragama, sangat terlihat ketika berada di rest area. Terlihat setiap masjid atau pun mushola yang berada di tempat rest area selalu penuh. Maka, wajar, ketika pengelola rest area berlomba mempercantik masjid maupun musholanya karena menjadi salah satu daya Tarik pengunjung yang ingin memilih beristirahat di rest area.

Ada salah satu rest area yang mempunyai masjid yang cukup unik. Terliat klasik, dan nilai nilai seninya sangat tinggi. Bahkan masjid ini, tidak memiliki ornament yang mencerminkan masjid, seperti qubah maupun menara. Masjid ini berbentuk bangunan ketika diliat dari luar seperti tembok memanjang. Bedanya, di tembok memanjang tersebut ada tulisan masjid.

Masjid unik ini ada di rest area kilometer 260B Banjaratma di tol Pejagan-Pemalang, Jawa Tengah. Yang sedang perjalanan dari jawa menuju Jakarta, bisa memeilih rest area ini untuk menjadi tempat beristirahat, menunaikan kewajiban sholat dan kebutuhan kebutuhan domestik lainnya.

Mampir di Rest Area 260B, Bisa Sholat di Masjid “Angker” dan Ngopi dengan Cangkir Antik

Namanya Masjid As-Safar. Kalau di Indonesiakan, masjid yang disiapkan untuk orang-orang yang melakukan perjalanan. Masjid yang berada di rest area bekas bangunan pabrik gula di jaman Belanda ini, terlihat mempertahankan bentuk bangunan bersejarah. Corak materialnya menggunakan batu bata merah seperti bangunan-bangunan kuno di Mesir dan Turky. Di Cirebon, tradisi membuat bangunan dengan batu bata merah adalah hal yang biasa. Nah, konon, masjid As-Safar ini tidak menggunakan qubah, karena di lokasi tempat rest area ini berpotensi munculnya angin kumbang sehingga membahayakan bagi orang-orang yang sedang berada di masjid atau di sekitar masjid.

Desain Masjid As-Safar, terlihat etnik karena penataan bata merahnya seperti tidak semua ditata dengan kekuatan semen, tetapi sebagian ada yang terlihat ditumpuk, sehingga membentuk celah-celah yang bisa menjadi lalu lintas angin yang menambah tempat tersebut menjadi adem.

Jika melihat ke dalam, tempat sholat berbentuk kotak persegi empat. Tidak ada mihrob, tempat khusus imam. Bahkan yang terliat berbeda, tempat sholat dikelilingi kolam ikan hias yang besar-besar.

Mampir di Rest Area 260B, Bisa Sholat di Masjid “Angker” dan Ngopi dengan Cangkir Antik

Bagi yang melakukan sholat di masjid As-Safar ini, memang terasa adem karena desain masjid ini dibuat ventilasi udaranya dibuat penuh. Tanpa ada AC- pun angin yang masuk ke masjid ini terasa kencang. Soal part-part dari Masjid As-Safar ini tidak perlu diragukan lagi. Tempat wudhu selain bersih, juga di back up dengan tempat wudhu di luar area masjid yang cukup banyak sehingga mengurangi penumpukan antrean berwudhu. Toilet pun dijamin bersih. Yang penasaran atau yang belum pernah merasakan sholat di Masjid As-Safar mesti harus mencoba dulu. Memang ada yang berpendapat Masjid As-Safar ini “angker”. Ada yang merasa ada bayangan bayangan aneh. Tapi sebenarnya tidak. Itu lebih terpengaruh dengan bentuk bangunan yang terliat etnik, terkesan kuno. Jika ada yang masih berpendapat demikian, itu hanya mitos karena masjid ini berada di area bekas bangunan tua. Sesungguhnya Masjid As-Safar indah dan adem. Bikin sholat lebih khusuk.

Enaknya berada di rest area 260B ini, setelah sholat, bisa memilih kuliner apa saja. Juga bisa memilih oleh oleh apa saja. Bisa ngopi dengan cangkir-cangkir antic. Menarik ngopi dengan cangkir-cangkir antik ini. Serasa melayang ke jaman tempo dulu. Lumayan fresh jika sudah ngopi dengan cangkir cangkir antik ini (*)

(lam)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan