Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 Juli 2024
home global news detail berita

Ford Capri Is Back, Dengan Tampang Yang Sangat Menggoda

tim langit 7 Kamis, 11 Juli 2024 - 07:42 WIB
Ford Capri Is Back, Dengan Tampang Yang Sangat Menggoda
LANGIT7.ID-Jakarta; Setelah memasang lencana Puma pada sebuah crossover, Ford kembali melakukannya dengan papan nama Eropa lainnya yang terkenal. Sampaikan salam kepada Capri baru, yang mewakili perubahan mencolok dari fastback coupe yang dijual antara akhir 1960an dan pertengahan 1980an.

Meskipun model aslinya dipasarkan sebagai Euro Mustang, model modernnya hanyalah SUV listrik

Pada dasarnya, Capri adalah turunan bergaya coupe dari Ford Explorer full listrik yang dijual di Eropa. Keduanya menggunakan platform MEB Grup Volkswagen, sehingga Anda dapat menganggap Capri setara dengan ID.5 Ford, sedangkan Explorer adalah ID.4 yang didesain ulang. Ini sangat berbeda dari Capri asli – Ford sejati karena secara mekanis terkait dengan Cortina.

Ford Capri Is Back, Dengan Tampang Yang Sangat Menggoda

Mungkin agak melebih-lebihkan dengan mengatakan bahwa mobil ini memiliki pengaruh coupe karena garis atapnya hampir datar, sehingga mobil ini tampak seperti sedan dongkrak jika dilihat dari samping. Ini mengingatkan pada perpaduan SUV-sedan aneh Mercedes-Maybach dari tahun 2018, tetapi eksekusinya lebih baik. Meskipun tampilannya tidak terlalu buruk, bentuk dan gayanya tidak semenarik mobil-mobil senama di masa lalu.

Lanjut ke spesifikasinya ya? Capri baru memiliki panjang 182,4 inci, lebar 73,7 inci, dan tinggi 64 inci, dengan jarak sumbu roda 109 inci. Tidak mengherankan, proporsinya hampir menyamai proporsi VW ID.5 yang bukan untuk Amerika. Ford bermaksud untuk menjual SUV listrik tersebut dengan roda standar 19 inci, tetapi set yang lebih besar berukuran 20 dan 21 inci juga akan tersedia.

Ford Capri Is Back, Dengan Tampang Yang Sangat Menggoda

Versi dasar akan memiliki tata letak penggerak roda belakang dengan motor listrik tunggal yang menghasilkan 282 tenaga kuda dan torsi 402 pon-kaki. Ia memiliki kekuatan yang cukup untuk berlari 0 hingga 62 mph dalam 6,4 detik dan kecepatan tertinggi yang diatur secara elektronik hanya 119 mph. Ford menjual Capris lebih cepat pada masa itu.

Blue Oval memasang paket baterai lithium-ion nikel-mangan-kobalt (Li-NMC) dengan kandungan energi yang dapat digunakan sebesar 77 kWh, cocok untuk jangkauan 390 mil dalam siklus WLTP. Setelah kehabisan daya, diperlukan waktu sekitar 28 menit untuk "mengisi" baterai dari 10 hingga 80 persen di stasiun pengisian DC menggunakan 135 kW.

Naik ke varian motor ganda dan Capri mendapat motor yang dipasang di depan. Model all-wheel-drive ini menghasilkan gabungan tenaga kuda sebesar 335 hp dan 501 lb-ft, sehingga cocok dengan VW ID.5 GTX. Hal yang sama berlaku untuk Capri bermesin tunggal karena mencerminkan keluaran dari non-GTX ID.5. Hal ini tidak mengherankan karena kedua mobil tersebut dipotong dari kain yang sama.

Berkat tambahan geraman, waktu sprint turun menjadi 5,3 detik, menjadikannya 1,1 detik lebih cepat daripada model penggerak roda belakang. Anda tidak hanya mendapatkan keuletan ekstra dengan Capri motor ganda tetapi juga baterai yang sedikit lebih besar dan pengisian daya lebih cepat. Paket 79 kWh dapat diisi ulang dari 10 hingga 80 persen dalam 26 menit bila menggunakan daya pengisian maksimum yang diizinkan sebesar 185 kW. Terisi penuh, ia memberikan jangkauan 368 mil. Itu turun 22 mil dibandingkan

Meskipun Capri di masa lalu memiliki berat mulai dari 2.000 pon hingga hampir 2.700 pon tergantung generasinya, SUV listrik jauh lebih berat. Kejutan ringan, bukan? Model dasar memiliki bobot sekitar 4,625 lbs sedangkan versi tertinggi dengan AWD berbobot 4,828 lbs.

Terlihat di sini dalam warna Vivid Yellow yang mirip dengan Capri RS, SUV listrik ini sebagian besar memiliki kabin yang sama dengan Explorer yang berbentuk konvensional. Ia meminjam layar sentuh 14,6 inci berorientasi vertikal yang bergerak ke atas dan ke bawah untuk mengungkap kompartemen penyimpanan "rahasia" yang terletak di belakang.

Ford Capri Is Back, Dengan Tampang Yang Sangat Menggoda

Anda tidak mengorbankan kepraktisan dengan membeli Capri karena terdapat ruang penyimpanan seluas 20,1 kaki kubik di belakang jok. Jika dilipat, kapasitas bagasi melonjak menjadi 53,3 cu ft. Angka-angka ini sebenarnya melampaui Explorer, yang memiliki 15,9 cu ft dengan bangku belakang terangkat dan 49,4 cu ft setelah baris kedua diturunkan. Perbedaan yang mengejutkan kemungkinan besar berasal dari fakta bahwa Capri lebih panjang sekitar 6,5 inci.

Sama seperti Explorer, Capri yang dihidupkan kembali akan dirakit di Cologne, Jerman. Harga lokal mulai dari €51.950 ($56.180) untuk model penggerak roda belakang. Itu membuatnya €2.450 ($2.650) lebih mahal daripada Explorer dasar.

Puma dan Capri bukan satu-satunya mobil Ford yang memiliki sejarah penting dan terkena dampak dari bug SUV. Mustang Mach-E juga mengandalkan kekuatan branding yang bisa dibilang merupakan papan nama perusahaan yang paling diinginkan. Dari ketiganya, hanya Puma yang bukan EV. Namun, hal itu akan berubah karena versi listriknya akan dirilis akhir tahun ini dan bergabung dengan model gas.(*/saf/motor1)

(lam)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan