LANGIT7.ID - Per kopling Yamaha Jupiter Z dengan Suzuki Satria FU 150 ternyata memiliki diameter dan tinggi yang sama, sehingga bisa saling tukar antara komponen keduanya.
Per kopling dari Suzuki Satria FU 150 selain bisa digunakan untuk Yamaha Jupiter, bisa juga digunakan pada Yamaha Crypton,Yamaha Vega dan Yamaha Vega R.
Pada motor bebek Yamaha disebutkan diatas menggunakan 4 buah per kopling dan Suzuki Satria FU 150 menggunakan 5 buah per kopling.
Per kopling ini sebenarnya dijual secara ecer alias satuan, jadi saat membeli per kopling Suzuki Satria FU 150 untuk Yamaha Jupiter Z kalian cukup membeli 5 buah per kopling saja.
Kelebihan per kopling Suzuki Satria FU 150 ini adalah lebih cepat kembali ke posisi renggang setelah per ditekan. Sehingga, membuat peregangan kopling menjadi responsif dan membuat tenaga dari mesin lebih cepat tersalurkan ke roda belakang.
Yang menarik antara kedua per kopling ini adalah dari segi harganya, per kopling Suzuki Satria FU 150 ini malah lebih murah dari per kopling Yamaha Jupiter meskipun kualitasnya sama karena keduanya genuine part dari pabrikan masing-masing.
Untuk harganya sendiri per kopling Suzuki Satria FU 150 ini dijual di harga Rp 3.000 per buah sedangkan per kopling Jupiter Z dijual Rp 15.000 per buah.
Jika dilihat dari bentuk dan ukurannya kedua per kopling ini terlihat sama saja, yang membedakan hanyalah diamete dari batang per koplingnya. Diameter batang per kopling Suzuki Satria FU 150 lebih besar 0,5 mm dari batang per kopling Jupiter Z yang berdiameter 2 mm.
Batang per kopling Satria FU 150 yang lebih besar inilah yang membuat per lebih cepat kembali ke bentuk semula setelah mendapatkan tekanan.
Karena itu, saat Yamaha Jupiter Z atau Yamaha Vega R ini per koplingnya diganti dengan per kopling Suzuki Satria FU 150, otomatis bukaan kopling menjadi lebih responsif dan tenaga dari mesin lebih cepat tersalurkan ke roda belakang.
Tapi, penggantian per kopling Yamaha Jupiter Z dengan per kopling Satria FU 150 ini akan membuat tarikan kopling menjadi lebih berat, sehingga pengendara harus menggunakan tenaga lebih.(*)
(hbd)