LANGIT7.ID - , Jakarta - Situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia, mendorong masyarakat untuk tetap membatasi kontak fisik, termasuk dalam bertransaksi. Seiring perkembangannya, masyarakat pun mulai terbiasa bertransaksi secara digital untuk kebutuhan harian.
Kondisi ini makin dipermudah dengan hadirnya layanan QRIS atau
Quick Response Code Indonesian Standard dari Bank Indonesia. Tujuannya adalah untuk menyederhanakan sistem pembayaran menggunakan Kode QR di seluruh Indonesia.
Meski begitu, masih banyak masyarakat yang belum terbiasa menggunakan QRIS untuk bertransaksi. Padahal banyak manfaat yang bisa didapat dari mengadopsi kode pembayaran ini.
Baca juga: Transaksi Digital Lebih Mudah, Nyaman, dan Hemat dengan Promo CashbackFounder dan Chief Executive Officer (CEO) Baso Aci Akang, Dandi Sepsaditri mengatakan sebagai pelaku usaha dirinya harus beradaptasi dengan situasi terkini serta preferensi masyarakat dalam bertransaksi.
"Berkurangnya aktivitas dan kontak fisik sejak awal pandemi pun masih berlanjut hingga sekarang. Dengan layanan pembayaran ShopeePay yang bisa digunakan untuk bertransaksi di semua kode QRIS, kami bisa menyediakan transaksi yang cepat, praktis dan aman," kata Dandi, Rabu (6/4/2022).
Platform penyedia layanan pembayaran digital, ShopeePay, telah memfasilitasi transaksi QRIS di ratusan ribu
merchant dari berbagai lini industri yang tersebar di lebih dari 500 kota/kabupaten di Indonesia.
Tidak berhenti sampai di situ, ShopeePay akan terus melebarkan upayanya dalam mengajak masyarakat termasuk pelaku usaha dalam pengadopsian QRIS di berbagai sektor.
"Kami berharap upaya ini dapat memperluas pemahaman masyarakat bahwa ShopeePay dapat digunakan untuk bertransaksi di semua kode QRIS di seluruh gerai bisnis di Indonesia dengan mudah, aman, dan menguntungkan,” kata Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, Eka Nilam Dari.
Baca juga: Infak Kotak Amal di Masjid Istiqlal Bisa Nontunai dengan QRISSebelumnya, ShopeePay telah menghadirkan fitur ‘Upload QRIS dari Galeri Ponsel’ yang dapat mempermudah transaksi jarak jauh antara merchant dan pembeli, dan ShopeePay juga telah menjadi mitra layanan pembayaran digital terpercaya di delapan kereta api kelas Argo dari KAI Services yang terintegrasi dengan QRIS.
"Kami percaya upaya ini juga dapat menghubungkan berbagai usaha dari skala kecil hingga besar ke lebih banyak konsumen, sehingga kampanye ini dapat berkontribusi pada pertumbuhan bisnis mereka juga.” pungkas Eka Nilam.
(est)