Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 29 Maret 2024
home masjid detail berita

Benarkah Mati Suri Itu Ada? Ini Kata Ustaz Dzulqarnain

Fifiyanti Abdurahman Ahad, 05 Juni 2022 - 06:30 WIB
Benarkah Mati Suri Itu Ada? Ini Kata Ustaz Dzulqarnain
Ilustrasi. Foto: Langit7.id/iStock.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Mati suri berarti kondisi manusia yang dianggap telah meninggal, namun sejatinya belum. Dalam dunia medis kondisi ini disebut near death experience (NDE).

Menurut pendakwah, Ustaz Dzulqarnain Muhammad Sunusi mengatakan mati suri tidak dikenal. Artinya orang yang sudah keluar ruhnya kemudian balik lagi, hal tersebut tidak ada.

"Dahulu, pernah ada manusia membawa mayat, lalu dilihat oleh orang yang memiliki ilmu kedokteran. Setelah melihat, dirinya berkata orang tersebut belum meninggal, ternyata benar ia hidup kembali," ujar Ustaz Dzulqarnain dikutip dari kanal YouTube Dzulqarnain MS, Ahad (5/6/2022).

Baca Juga: Keluarga Ridwan Kamil Meyakini Eril Meninggal Dunia

"Kondisi orang itu tidak bernafas, badannya juga mulai dingin, tetapi ketika melihat kakinya ternyata masih tegak. Hal tersebut menunjukkan bahwa orang itu masih hidup, maka itu dijadikan dalil olehnya," imbuhnya.

Menurut dia, hal seperti ini memang ada, tetapi jika mati dalam istilah rohnya telah keluar lalu kembali dan membuat orang itu hidup lagi, maka sulit diterima oleh akal. Sebab nanti akan membuat orang berpikir bahwa keluarganya yang sudah meninggal masih hidup dan akan kembali lagi.

"Kalau seperti demikian berarti sudah tidak benar, orang kalau sudah keluar rohnya berarti itu tidak akan kembali lagi, atau tidak akan hidup kembali," ujarnya.

Dalam surat Al-Mu'minun ayat 22 dan 23 dikatakan: "Ya Allah, kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku membuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak." (Al-Mu'minun: 22-23).

Jadi, simpulnya, tidak akan mungkin ada orang yang sudah meninggal dapat hidup kembali.

Baca Juga: Formula E Sukses Digelar, Jokowi: Ini Tontonan Masa Depan

Baca Juga: Haji Sempat Tertunda 2 Tahun, Jemaah Ungkap Rasa Haru Akhirnya Tiba di Tanah Suci

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 29 Maret 2024
Imsak
04:31
Shubuh
04:41
Dhuhur
12:01
Ashar
15:14
Maghrib
18:02
Isya
19:11
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan