alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 November 2022
home sports detail berita
Piala Dunia 2022 Qatar

Profil Timnas Portugal: Piala Dunia Terakhir bagi Karir Ronaldo

Suandri Ansah Jum'at, 18 November 2022 - 17:32 WIB
Profil Timnas Portugal: Piala Dunia Terakhir bagi Karir Ronaldo
Christiano Ronaldo akan menjadi kartu as Timnas Portugal di Piala Dunia 2022 (foto: istimewa)
LANGIT7.ID, Jakarta - Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar akan menjadi ajang kelima keikutsertaan Cristiano Ronaldo.

Bagi Portugal, Piala Dunia 2022 merupakan penampilan kedelapan sejak memulai debutnya pada 1996. Os Navegadores belum pernah memenangkan Piala Dunia sejauh ini, hasil terbaik yang pernah diraih adalah finis ketiga pada tahun 1966.

Portugal memiliki kualitas pada setiap posisi dan pemain yang tahu apa artinya memenangkan trofi di panggung internasional, yaitu UEFA EURO 2016 dan UEFA Nations League 2019. Karena alasan itulah mereka yakin bisa menghadapi dan mengalahkan tim mana pun.

Sejumlah pemain kunci diboyong Pelatih Portugal Fernando Santos. Selain CR7 ada nama lain seperti Ruben Dias, Bernardo Silva, Bruno Fernandes, dan Joao Cancelo yang diprediksi bakal bersinar di ajang empat tahunan ini.

“Yang terbaik belum datang dan itu akan datang tahun ini,” kata Fernando Santos dengan percaya diri bahwa timnya mampu menorehkan kejayaan di Qatar.

Baca juga: Jelang Piala Dunia 2022, Timnas 7 Negara Sudah Tiba di Qatar

Pelatih berusia 67 tahun itu punya alasan bagus untuk optimistis. Dia tidak hanya masih dapat mengandalkan jasa pemain terhebat yang pernah dihasilkan negara ini, tetapi dia juga memiliki persediaan wajah-wajah baru yang tampaknya tak terbatas

Debut di Qatar akan memberi tim kesempatan timnas untuk kembali menggembirakan para penggemar. Mereka yang bergabung dengan Ronaldo di pesawat menuju Qatar akan menjadi perpaduan menarik dari para pemain yang mencakup beberapa generasi.

Sekarang memasuki usia 30-an, Joao Moutinho dan Danilo sama-sama berada di barisan lama, sementara Bruno Fernandes, Bernardo Silva, dan Joao Cancelo adalah pemain muda berusia 28 tahun. Ruben Dias masih segar di 25 tahun, dan Joao Felix dan Vitinha tiga tahun lebih muda.

"Saya sangat optimistis. Kami memiliki pelatih yang fantastis, kami memiliki generasi pemain sepak bola yang baik. Saya menantikan bahwa kita akan pergi ke Piala Dunia yang luar biasa,” kata Cristiano Ronaldo dalam wawancaranya bersama Piers Morgan yang menghebohkan baru-baru ini.

Kartu as Portugal berusia 37 tahun itu telah berkontribusi lebih dari sekadar gol dan trofi selama bertahun-tahun. Dia dianggap oleh banyak orang sebagai alasan mengapa Portugal akhirnya mengatasi rasa rendah diri mereka.

Ronaldo telah membela Portugal selama 19 tahun. Namun, striker Manchester United ini melontarkan pernyataan yang mengejutkan bahwa ia akan pensiun bila Portugal keluar sebagai Juara Dunia.

Baca juga: Profil Timnas Ekuador: Revolusi Alfaro di Piala Dunia 2022

Dia mengakui Prancis, Spanyol, Argentina, Jerman dan Brasil akan menjadi tim besar yang harus dikalahkan. Dia menyatakan, jika dia membantu timnya untuk memenangkan turnamen, dia akan pensiun di tempat.

“Yeah, retired. 100 percent,” katanya kepada Morgan dan menambahkan bahwa Inggris memiliki peluang yang sama seperti Portugal.

Mengenai rencana pensiunnya, Pemain Terbaik FIFA lima kali ini mengaku berencana menggenapinya hingga usia 40 tahun. Meski demikian, segala perencanan bisa saja berubah.

“Saya pikir 40, akan menjadi usia yang baik ... Tapi saya tidak tahu, saya tidak tahu masa depan. Terkadang Anda merencanakan satu hal untuk hidup Anda dan seperti yang saya katakan berkali-kali, hidup itu dinamis. Dan Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi."

Ronaldo telah mencetak gol dalam empat edisi yang sudah ia jalani hingga saat ini (Jerman 2006, Afrika Selatan 2010, Brasil 2014, dan Rusia 2018), tanpa mendapatkan trofi. Santos sendiri pernah mengatakan bahwa Ronaldo tak tergantikan.

Berikut Jadwal Pertandingan Portugal di Grup H

24 November Portugal-Ghana (19:00 waktu setempat, Stadion 974)

28 November Portugal-Uruguay (22:00 waktu setempat, Stadion Lusail)

2 Desember Korea Selatan-Portugal (18:00 waktu setempat, Stadion Education City)

Skuad Timnas Portugal di Piala Dunia 2022

Kiper: Diogo Costa, Jose Sa, Rui Patricio.

Belakang: Diogo Dalot, Joao Cancelo, Danilo Pereira, Pepe, Ruben Dias, Antonio Silva, Nuno Mendes, Raphael Guerreiro.

Tengah: Joao Palhinha, Ruben Neves, Bernardo Silva, Bruno Fernandes, Joao Mario, Matheus Nunes, Vitinha, William Carvalho, Otavio.

Depan: Cristiano Ronaldo, Joao Felix, Rafael Leao, Ricardo Horta, Goncalo Ramos, Andre Silva

(sof)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:43
Ashar
15:07
Maghrib
17:56
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan