Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home wirausaha syariah detail berita

5 Cara Bangun Bisnis Lebih Tangguh di Tengah Perubahan Zaman

mahmuda attar hussein Kamis, 26 Januari 2023 - 13:45 WIB
5 Cara Bangun Bisnis Lebih Tangguh di Tengah Perubahan Zaman
5 Cara Bangun Bisnis Lebih Tangguh di Tengah Perubahan Zaman. (Foto: Istimewa).
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT.ID, Jakarta - Ada 5 cara membangun bisnis lebih tangguh di tengah perubahan zaman yang dinamis. Upayanya mengedepankan kolaborasi dan mengandalkan teknologi digital.

Perubahan dalam bisnis adalah hal yang tak bisa dihindari. Sebaliknya, perubahan dalam dunia bisnis adalah hal yang mesti dihadapi dan pebisnis mesti siap beradaptasi.

Untuk menjadikan bisnis lebih tangguh dalam jangka panjang, pebisnis mesti mengetahui cara dalam menavigasi arah perkembangan bisnis menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Lantas apa saja cara itu? Melansir laman Entrepreneur, berikut cara membangun model bisnis yang tanggung dan berkepanjangan:

1. Identifikasi Perubahan

Untuk unggul dalam bisnis, penting bagi Sahabat memahami arah pergerakan pasar dan memiliki pemahaman tentang sektor bisnis yang dijalankan.

Kunci utamanya adalah mengidentifikasi unsur-unsur yang tidak dapat dikendalikan, seperti perubahan sosial, ekonomi, dan politik.

Pasalnya, keadaan dunia saat ini adalah yang akan memengaruhi model bisnis. Termasuk ide baru yang dimunculkan pun juga akan terpengaruh oleh perubahan-perubahan tersebut.

Contohnya saja seperti saat pandemi Covid-19 melanda. Bisnis yang tak mampu mengidentifikasi perubahan akan gagal, sementara mereka yang menangkap peluang akan bertahan bahkan terus berkembang.

Dalam hal ini, merambah bisnis online dan menggunakan cara-cara kreatif untuk beriklan melalui media sosial adalah solusi tepat dalam menyesuaikan perkembangan bisnis dengan perubahan zaman.

2. Audiens dan Media Sosial

Setiap platform media sosial memiliki audiensnya masing-masing. Seperti Instagram dan TikTok yang dipenuhi pengguna anak muda, sementara Facebook dengan audiens yang berusia lanjut.

Nah, Sahabat sebagai pebisnis mesti menyesuaikan iklan di platform media sosial tersebut dengan menyesuaikan audiensnya.

Strategi pemasaran yang digunakan untuk menargetkan Gen Z dan milenial tidak akan berhasil bagi audiens dengan usia lanjut.

Dalam hal ini, Sahabat bisa menggunakan konten iklan berupa video pendek atau foto dan kalimat menginspirasi untuk audiens muda.

Sedangkan untuk mereka yang lebih tua lebih menyukai konten ikan dengan sebuah artikel dan video lengkap yang menjelaskan maksud, tujuan, dan manfaat sebuah produk.

3. Inovasi dan Kreativitas

Kesuksesan bisnis tidak dapat dijamin tanpa kreativitas dan inovasi. Jadi doronglah setiap karyawan untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas mereka.

Hal itu akan membuat bisnis unggul dari kompetitor. Sebagai pemilik bisnis, Sahabat tidak boleh menggunakan pendekatan kolot tanpa merangkul karyawan.

Beri mereka ruang untuk menuangkan ide-ide briliannya. Tampung ide itu, analisa, dan aplikasikan bila memang memungkinkan.

Bersamaan dengan itu pula, Sahabat harus memastikan karyawan merasa dihargai. Bahwa ide mereka patut dihormati dan diberikan apresiasi ketika berhasil meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis lebih baik.

4. Konsultan

Mengikuti tren industri dan konsumen bisa menjadi suatu tantangan tersendiri. Nah, di sinilah fungsi dan peran konsultan dibutuhkan.

Tim penasihat ini dapat membantu Sahabat untuk memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tidak melewatkan perubahan pasar, melainkan mampu beradaptasi dengan baik.

Dengan begitu, potensi untuk terus bersaing dengan kompetitor bisa terus dilanjutkan. Bahkan, Sahabat juga bisa menjadi pemenang dari kompetisi bisnis tersebut.

5. Dengarkan Pelanggan

Orang-orang yang berinteraksi dan mengonsumsi produk atau layanan adalah ahli yang sebenarnya. Untuk itu, dengarkanlah apa yang dibutuhkan pelanggan.

Jangan takut untuk bertanya kepada pelanggan apa yang mereka cari. Pasalnya, enggan memenuhi kebutuhan pasar adalah keputusan salah yang dapat menjerumuskan bisnis.

Dengan meminta pendapat pelanggan, Sahabat juga bisa mendapatkan wawasan tentang suatu tren dan mulai mengembangkan rencana untuk menggaet peluang tersebut.

Sehingga perusahaan dapat terus beradaptasi dan tumbuh melayani pelanggan dengan lebih baik di masa depan.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan