Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 25 April 2024
home home & garden detail berita

Dekorasi dengan Warna, Burgundy Bakal jadi Tren Besar Tahun Ini

mahmuda attar hussein Rabu, 22 Februari 2023 - 12:20 WIB
Dekorasi dengan Warna, Burgundy Bakal jadi Tren Besar Tahun Ini
Ilustrasi. (Foto: Langit7.id/iStock)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Warna merupakan elemen penting dalam hal dekorasi. Untuk tahun ini, burgundy disebut akan menjadi tren warna yang bakal banyak diminati.

Burgundy adalah kombinasi antara warna merah dan ungu. Warna burgundy terlihat lembut, dan akan tampak memancarkan sinarnya ketika terkena cahaya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Warna Cat Kamar Mandi, Sajikan Nuansa Bersih dan Berenergi

Setidaknya ada 5 tips ketika memilih burgundy sebagai warna dekorasi pada ruangan. Berikut ulasannya:

1. Hindari Gaya 90-an

Burgundy sempat banyak diminati pada era 90-an. Namun, gaya dekorasi lawan mesti dihindari guna menghadirkan atmosfer modern dalam dekorasi di tahun ini. Sebab, burgundy pada tahun 2023 mesti dihadirkan dengan estetika yang berbeda dari sebelumnya.

Direktur desain interior di LK Architecture, Lisa A. Haude menyarankan untuk mengombinasikan burgundy dengan ornamen berwarna netral. Sehingga akan menekankan perbaruan dan modern.

"Warna-warna modern komplementer seperti hitam arang atau biru tua adalah keseimbangan sempurna yang dapat dipadukan dengan burgundy yang berani dan," kata Lisa seperti dilansir dari Better Homes & Gardens, Rabu (22/2/2023).

2. Atur Kecerahan

Burgundy adalah warna yang akan menyelubungi seluruh ruangan hingga tampak terasa gelap dan tertutup. Terlebih, jika burgundy yang digunakan terlalu tebal.

Pendiri Chairish, Anna Brockway menyarankan agar menyeimbangkan burgundy dengan warna yang lebih terang dan cerah. "Jadi pertimbangkan untuk menggunakan burgundy lebih sederhana dan penggunaan warna burgundy untuk sofa," ujarnya.

3. Manfaatkan Aksesori

Lisa menyebut, ada banyak cara untuk memanfaatkan warna burgundy. Salah satunya dengan menyematkan burgundy pada aksesori.

Di antara aksesori berwarna burgundy yang dianjurkan yakni bantal kursi atau ornamen seperti buku-buku bersampul merah anggur.

"Bantal dapat dipadukan dengan tempat duduk, sehingga menambah kesan menghangatkan ruangan. Memadukan bantal dengan corak yang serasi atau warna netral juga dapat memberikan semburat warna yang sempurna dengan cara yang segar dan modern," ungkapnya.

Baca Juga: 5 Item Dekorasi yang Bisa Buat Tampilan Kamar Jadi Instagramable

4. Seimbangkan dengan Warna Netral

Burgundy adalah warna yang berani, sehingga cukup sulit untuk menemukan paduan warna yang serasi. Padahal, burgundy harus dipadukan dengan keseimbangan warna agar tidak terlalu mencolok.

Namun, penerapan burgundy bisa dilakukan dengan perbandingan yang tepat agar terlihat seimbang. Yaitu dengan perbandingan 60:30:10.

"Di mana 60 persen adalah warna dominan, 30 persennya warna sekunder, dan 10 persen pada aksen. Paduan warna ini akan memberikan kesan ruangan yang lebih ramah dan tetap hangat," ucap Lisa.

5. Tentukan Ruangan

Menentukan ruangan yang layak untuk menerapkan burgundy bukanlah hal yang mudah. Hal itu lantaran warnanya yang berani tapi memberikan kesan gelap.

Direktur pemasaran warna Sherwin-Williams, Sue Wadden menuturkan, semangat merah burgundy yang menyegarkan bisa sangat ideal untuk ruangan tempat berkumpulnya teman dan keluarga.

"Saya merekomendasikan warna burgundy di ruangan tempat Anda melakukan banyak percakapan dengan orang-orang, seperti ruang tamu," ujarnya.

Baca Juga:

Konsep Dekorasi Dinding Rumah yang Bakal Jadi Tren 2023

5 Rekomendasi Dekorasi Warna Cat, Berpengaruh Tingkatkan Mood


(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 25 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:51
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan