alexametrics
kalender Rabu, 19 Januari 2022
home home & garden detail berita
6 Desain Rumah Anjuran Rasulullah SAW, Nomor 4 Banyak Diabaikan
Akbar Nur Qadri Rabu, 08 Desember 2021 - 12:05 WIB
6 Desain Rumah Anjuran Rasulullah SAW, Nomor 4 Banyak Diabaikan
Pemilihan warna hijau untuk dinding rumah sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW. Foto: Langit7.id/iStock
LANGIT7, Jakarta - Islam merupakan agama paling sempurna di muka bumi ini, karena setiap umat selalu dituntun menjalani kehidupan untuk lebih baik dengan berlandaskan pada Qur'an dan Hadist. Tak hanya tentang shalat, puasa dan sedekah yang diajarkan dalam Islam agar mendapat kebaikan hidup di dunia ini.

Bahkan untuk memperoleh keberkahan, ummat Islam juga dituntun agar memperhatikan beberapa aspek di kehidupan sehari-hari. Salah satunya terkait hunian.

Tahukah Sahabat Langit7 bahwa hunian yang Islami juga dapat membantu untuk menyempurnakan ibadah. Tidak perlu megah dan mahal, terpenting mengikuti anjuran Rasulullah SAW. Hunian yang baik menurut agama, yakni memudahkan Anda untuk beribadah serta selalu terjaga kebersihannya.

Berikut 6 rekomendasi bagi Umat Islam terkait hunian:

1. Toilet Tidak Menghadap Kiblat

6 Desain Rumah Anjuran Rasulullah SAW, Nomor 4 Banyak Diabaikan


Seperti diketahui khalayak, bahwa kiblat merupakan arah yang menjadi acuan umat Islam beribadah menjalankan shalat 5 waktu maupun sunnah. Bahkan, saat tidur atau saat tidur Rasulullah menganjurkan umatnya untuk menghadap kiblat.

Namun tidak dengan toilet, karena dilarang menghadap kiblat karena dianggap tidak layak. Rasul sendiri menganjurkan, bahwa ketika membangun rumah maka jangan hadapkan toilet ke arah kiblat.

2. Ruangan Khusus Ibadah

6 Desain Rumah Anjuran Rasulullah SAW, Nomor 4 Banyak Diabaikan


Ummat Islam setiap beribadah otomatis menginginkan tempat yang nyaman agar menambah kekhusyukan menghadap Sang Khalik. Maka direkomendasikan untuk menghadirkan ruangan khusus untuk Anda ibadah di rumah.

Alasannya, dapat digunakan untuk shalat sunnah, berjamaah, membaca Alquran atau aktivitas lainnya tentang Islam. Ruang ibadah khusus juga dapat digunakan sebagai tempat belajar bagi keluarga. Hal ini dikarenakan rumah tidak hanya sebagai tempat beristirahat atau berkumpul keluarga saja, melainkan sebagai tempat pendidikan usia dini termasuk pendidikan agama.

Dengan mendesain konsep rumah dengan ruangan ibadah khusus, sekaligus mewujudkan “Baiti Jannati”, rumahku surgaku.

3. Jangan Pajang Lukisan

6 Desain Rumah Anjuran Rasulullah SAW, Nomor 4 Banyak Diabaikan


Selain itu, desain interior rumah biasanya memiliki hiasan dinding berupa gambar, foto, dan lukisan. Namun bentuk lukisan yang umum digunakan adalah lukisan makhluk seperti hewan dan tumbuhan, hewan dan manusia.

Namun tak banyak diketahui, ternyata lukisan yang sifatnya bernyawa tidak diperbolehkan. Nabi Muhammad SAW bersabda: "Di mata Allah, orang yang menerima hukuman paling berat di hari kebangkitan adalah para juru gambar." (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, Rasulullah SAW juga melarang dalam hadits: "Kecuali jika Anda terluka, jangan biarkan gambar makhluk itu muncul, kecuali Anda meratakannya ke tanah, jangan biarkan kuburan naik." (HR. Muslim).

4. Hindari Patung

6 Desain Rumah Anjuran Rasulullah SAW, Nomor 4 Banyak Diabaikan


Kemudian yang tak kalah penting, adalah terkait patung yang sering di pajang di ruang tamu sebagai daya tarik khiasan rumah. Ternyata dalam Islam, itu dilarang penggunaan patung sebagai desain atau dekorasi rumah. Alasannya, patung bisa menjadi tempat tinggal jin serta ditakutkan menjadi barang yang dipuja.

Apalagi dalam hadits Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya, malaikat tidak akan masuk suatu rumah yang di dalamnya ada patung."

5. Warna Kesukaan Nabi

6 Desain Rumah Anjuran Rasulullah SAW, Nomor 4 Banyak Diabaikan


Tak kalah penting, direkomendasikan juga untuk mendesain rumah Islami agar memilih ornamen yang disukai Rasulullah SAW. Dalam beberapa riwayat Rasulullah SAW menyukai warna putih dan hijau.

Salah satu hadist juga meriwayatkan Dari Ibnu Abbas RA. Rasulullah bersabda "Hendaklah kalian memakai pakaian putih semasa hidup kalian, dan kafanilah yang mati di antara kalian dengannya (warna putih), sebaik-baik pakaian kami adalah warna putih."

Selain itu, an-Nasai meriwayatkan: "Rasulullah pernah menemui kami dalam keadaan memakai dua pakaian (atas dan bawah) yang berwarna hijau."

Di QS. Ar-Rahman: 64 disebutkan warna surga adalah hijau. Kedua surga itu (kelihatan) hijau tua warnanya. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengaplikasikan warna-warna ini pada rumah kita untuk desain rumah Islami.
(asf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 19 Januari 2022
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
12:07
Ashar
15:30
Maghrib
18:19
Isya
19:33
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:5 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
اِنَّ اللّٰهَ لَا يَخْفٰى عَلَيْهِ شَيْءٌ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِى السَّمَاۤءِ
Bagi Allah tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi di bumi dan di langit.