Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 25 Mei 2024
home sports detail berita

Cerita Kakak Adik Peraih Emas Balap Sepeda SEA Games 2023

tim langit 7 Selasa, 09 Mei 2023 - 13:00 WIB
Cerita Kakak Adik Peraih Emas Balap Sepeda SEA Games 2023
akak adik pebalap sepeda Zaenal Fanani dan Feri Yudoyono berhasil raih emas pada SEA Games 2023
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-,Surabaya- - Prestasi membanggakan diukir dua pebalap sepeda Indonesia pada ajang SEA Games 2023 di Kamboja. Menariknya, dua pebalap sepeda itu merupakan kakak adik asal Lumajang, Jawa Timur, yaitu Zaenal Fanani dan Feri Yudoyono.

Mereka menjuarai nomor Cross Country Relay (XCR) dengan sirkuit sepanjang 3,7 kilometer (km) di Phnom Kulen, Siem Reap, Kamboja, Minggu (7/5/2023) lalu.

Perjuangan atlet balap sepeda ini tidaklah mudah. Sebab, di nomor ini juga diisi pesaing yang hebat. Ada enam negara yang berpartisipasi di nomor ini yakni Kamboja, Thailand, Filipina, Malaysia, Vietnam, dan Indonesia. Masing-masing negara menurunkan empat pembalap. Terdiri dari dua putra dan dua putri.

Atlet putra dari Indonesia diisi oleh Zaenal Fanani dan Feri Yudoyono. Sedangkan atlet putri ada Dara Latifah dan Sayu Bella Sukma Dewi. Komposisi ini berhasil finis pertama dengan total catatan waktu 50 menit 11 detik.

Disusul Thailand yang diisi Keerati Sukprasart, Phunsiri Sirimongkhon, Supuksorn Nuntana, dan Warinthorn Phetpraphan, finis kedua dengan catatan waktu 51 menit 44 detik. Mereka berhasil meraih medali perak.

Baca juga:Soal Argentina ke Indonesia, Erick Thohir akan Umumkan Kalau Sudah Tanda Tangan

Sedangkan medali perunggu, diraih oleh Filipina yang finis di posisi ketiga dengan catatan waktu 52 menit 25 detik. Tim Filipina diperkuat Edmhel John Flores, Shagne Paula Yaoyao, Jericho Rivera, dan Ariana Evangelista.

Dengan keberhasilan Zaenal Fanani dan Feri Yudoyono ini, cabor balap sepeda berhasil menyumbang total 3 emas untuk kontingen Indonesia. Sebelumnya, Feri dan Sayu Bella telah meraih emas di nomor Cross-Country Olympics (XCO). Sedangkan Fanani merebut perak di nomor tersebut.

Sebagai informasi, tim balap sepeda Indonesia mengirimkan 16 atlet ke SEA Games 2023. Mereka ditarget mendapatkan empat medali emas di multiajang dua tahunan tersebut. Saat ini tiga emas telah berhasil dikantongi. Tinggal 1 emas lagi untuk mencapai target.

Profil Zaenal Fanani
Zainal Fanani tidak asing lagi di dunia balap sepeda. Atlet tulen kelahiran Wonogriyo, Lumajang ini bukan kali pertama mengukir prestasi. Pada kejuaraan Asian Mountain Bike Continental Championship yang digelar 1 - 5 Pebruari 2020 di Thailand,

Pria ini merupakan tenaga honorer Dispora Lumajang. Keberhasilan ini tentunya membuat bangga Pemkab Lumajang khususnya dan warga Lumajang secara keseluruhan. Masyarakat berharap agar prestasi ini menginspirasi atlet lain dan masyarakat secara keseluruhan.

Respons Gubernur Jatim
Prestasi membanggakan warga Jatim itu diapresiasi Gubernur Khofifah Indar Parawansa. "Alhamdulillah, satu lagi prestasi yang berhasil dicetak putra terbaik Jatim untuk Indonesia. Inilah bukti bahwa Jatim itu gudangnya atlet berprestasi. Saya atas nama pribadi dan mewakili seluruh warga Jatim bangga atas prestasi tersebut," ujar Khofifah.

"Melihat lawan-lawannya, saya yakin para atlet kita pasti telah berjuang keras untuk bisa mendapatkan medali emas. Karena saingannya hebat-hebat. Dan Alhamdulillah, perjuangan mereka berbuah manis. Kita bisa mendapatkan tambahan emas untuk kontingen Indonesia," imbuh Khofifah.

Dengan keberhasilan Zaenal Fanani dan Feri Yudoyono ini, cabor balap sepeda berhasil menyumbang total 3 emas untuk kontingen Indonesia. Sebelumnya, Feri dan Sayu Bella telah meraih emas di nomor Cross-Country Olympics (XCO). Sedangkan Fanani merebut perak di nomor tersebut.

Sebagai informasi, tim balap sepeda Indonesia mengirimkan 16 atlet ke SEA Games 2023. Mereka ditarget mendapatkan empat medali emas di multiajang dua tahunan tersebut. Saat ini tiga emas telah berhasil dikantongi. Tinggal 1 emas lagi untuk mencapai target

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 25 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan