Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 25 Februari 2024
home global news detail berita

Wapres Banggakan Ekonomi Pesantren RI di Depan Pengusaha ASEAN

Muhajirin Selasa, 05 September 2023 - 16:00 WIB
Wapres Banggakan Ekonomi Pesantren RI di Depan Pengusaha ASEAN
Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin.
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Wakil Pesantren RI, KH Ma'ruf Amin, menyinggung ekonomi pesantren dalam acara Penganugerahan ASEAN Business Awards di Hotel The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Senin malam (4/9/2023).

"Saya ingin sedikit berbagi pengalaman tentang mendukung UMKM dalam negeri melalui pemberdayaan ekonomi pesantren," kata Ma'ruf.

Dia menjelaskan, pesantren merupakan institusi pendidikan khas Indonesia. Pesantren berfungsi terus berekspansi mengikuti perkembangan sebagai penggerak kemandirian ekonomi rakyat. khususnya dalam menghasilkan produk halal.

Banyaknya pesantren di Indonesia, kata Ma'ruf, memiliki potensi ekonomi yang layak dikembangkan, untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi ketimpangan.

"Ekonomi pesantren telah menjadi bagian dari strategi pengembangan ekonomi syariah nasional dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Apalagi jumlahnya mencapai puluhan ribu dan menyebar di seluruh pelosok tanah air," ujarnya.

Selain membanggakan ekonomi pesantren, Ma'ruf juga menyinggung UMKM yang turut memberikan sumbangsih dan menjadi organ vital bagi pertumbuhan ekonomi serta penciptaan lapangan kerja.

Dia memaparkan, terdapat lebih dari 70 juta UMKM di ASEAN. Lebih dari 90% usaha domestik di negara-negara ASEAN berbentuk UMKM. Di kawasan, UMKM berkontribusi menciptakan 85% lapangan kerja, serta menghasilkan 44% PDB dan 18% ekspor nasional.

"Sebaran UMKM di perkotaan dan perdesaan menjadikan UMKM tulang punggung bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan upaya mempersempit ketimpangan. UMKM juga menjadi motor penggerak inovasi dan kreativitas di kawasan," ungkapnya.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 25 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:09
Ashar
15:16
Maghrib
18:16
Isya
19:26
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan